Preaload Image

Mahasiswa TEP Berbagi Tips Sukses Belajar di Perguruan tinggi melalui Pelatihan Autonomous Learning

Pada hari Selasa, 28 November 2023 yang lalu, Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang berhasil menggelar pelatihan autonomous learning untuk mahasiswa dari berbagai universitas sebanyak 55 peserta. Pelatihan ini dilaksanakan oleh Inner-Self Academy Team yang diketuai oleh Najwa Kamila Syarifa dan dibantu oleh lima orang anggota lainnya yaitu Berliana Firly Trianizza, Dwi Indry Anggraini Utomo, Irgi Ahmad Fachrezy, Rafidah Atsir dan Rosselia Hananingrum. Pelatihan ini sebagai salah satu luaran proyek dari mata kuliah Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan yang diampu oleh Ence Surahman Ph.D yang dilaksanakan secara synchronous melalui platform Zoom pada 28 November 2023 pukul 14.00 WIB yang dilaksanakan oleh tim panitia di Rumah BUMN Kota Malang di Jl. Raya Langsep No.2 – 4, Bareng, Kec. Klojen untuk memudahkan koordinasi antar panitia. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 30 November dan 2 Desember 2023 secara asynchronous melalui WhatsApp Group.

Pada pelatihan autonomous learning ini tim inner-self academy mengundang pemateri atau trainer yang berprestasi dan telah lama bergelut dalam dunia diklat yaitu  Zahid Zufaar Athariq S.Pd yang saat ini sedang menempuh studi S2 di Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang. Dalam penyampaiannya, beliau mengatakan bahwa Autonomous Learning atau kemandirian belajar merupakan hal fundamental yang harus dimiliki setiap pebelajar. Pebelajar dapat dikatakan merdeka dan mandiri dalam belajar bilamana pebelajar tersebut memahami “mengapa aku belajar?” “apa tujuanku belajar?” “bagaimana cara belajar yang cocok untukku?” dan “bagaimana aku mengelola proses belajarku?” Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa autonomous learning dikatakan berhasil dimiliki pebelajar apabila pebelajar tersebut mampu percaya diri untuk menyampaikan pemikiran dan pendapatnya sebagai bentuk hasil dari kemandiriannya dalam belajar.

Senada dengan penyampaian materi dari trainer, Najwa Kamila selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa latar belakang tim nya memilih topik pelatihan ini karena lulusan teknologi pendidikan tidak hanya memanfaatkan teknologi dalam makna “mesin” atau “perangkat” yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tetapi lebih luas lagi teknologi diartikan sebagai “alat” untuk memudahkan atau membantu manusia. Sehingga melalui pelatihan autonomous learning yang merujuk pada ‘human performance’ yaitu upaya meningkatkan kualitas belajar mahasiswa di adakanlah pelatihan autonomous learning ini untuk mengajak pesertanya yaitu mahasiswa untuk sukses dalam menjalani studi di perguruan tinggi melalui “learn how to learn” (Kontributor: Najwa Kamila, Editor: Nc-TEP UM).

Translate »