Preaload Image

TEP FESTIVA 2.0 Pameran Edupreneurship Mahasiswa TEP Universitas Negeri Malang: Menyemarakkan Inovasi Pendidikan

Mahasiswa Teknologi Pendidikan (TEP) fakultas ilmu pendidikan Universitas Negri Malang, mengadakan Pameran Edupreneurship  bertema Racita Kausala yang sukses dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2023 yang bertempatan di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang. Pameran ini merupakan hasil mata Kuliah Project pengembangan Edupreneurship yang dibimbing oleh Bu Arafah Husna, S.Pd, M.Med.Kom. selain itu acara ini merupakan kolaborasi antara mahasiswa TEP X IKA UM dan Jobstreet by SeekTalks yang berdedikasi untuk menghadirkan inovasi dalam dunia pendidikan.

Acara ini dibuka langsung oleh Dr. Agus Wedi, M.Pd selaku Sekertaris Departemen TEP, Prof. Dr Ainin, M. Pd. Selaku ketua 1 IKA UM dan Arafah Husna, S.Pd, M.Med.Kom. selaku dosen pengampu mata kuliah project pengembangan Edupreneurship. Acara ini dihadiri oleh sejumlah dosen TEP UM, dan bintang tamu yang turut hadir untuk memberikan pengetahuan berwirausaha pada peserta. Tak hanya itu, mahasiswa TEP dan masyarakat umum turut serta dalam acara ini

Pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan karya-karya edupreneurship yang telah dihasilkan oleh para mahasiswa TEP.  Edupreneurship sendiri merupakan gabungan antara pendidikan (education) dan kewirausahaan (entrepreneurship), di mana para mahasiswa tidak hanya menjadi konsumen ilmu, tetapi juga menciptakan solusi inovatif dalam bidang pendidikan.

Muhammad Agung Pribadi selaku ketua pelaksana pameran Edupreneurship menjelaskan “Edupreneurship adalah bagaimana kita mengembangkan sebuah usaha tetapi ada unsur edukasinya. Acara ini dilatarbelakangi oleh projek mata kuliah dan hasil projek mata kuliah edupreneur ini dipamerkan melalui acara ini. Dalam acara ini kita memiliki kesempatan membuat ide brilian seperti proyek inovatif yang tentunya mendorong perkembangan dunia edukasi sekaligus mengenalkan bahwa dalam dunia pendidikan juga bisa berwirausaha” Pameran Edupreneurship tidak hanya menjadi wadah untuk memamerkan karya mahasiswa, tetapi juga menjadi forum diskusi dan pertukaran ide antara mahasiswa, dosen, dan stakeholder pendidikan lainnya. Sejumlah seminar dan workshop dengan narasumber ahli di bidang edupreneurship juga akan menjadi bagian dari acara ini.

Kali ini, acara kuliah tamu tersebut akan membahas topik yang sangat relevan dan penting bagi mahasiswa, yaitu kewirausahaan, penyusunan CV yang efektif, dan kiat-kiat sukses dalam wawancara kerja. Para Pembicara tamu yang akan memberikan wawasan dan pengalaman berharga dalam acara ini adalah Yoga Kukuh Prasetyo , Amalia Restu Nirwana, Cynthia Cecilia, Dyan Rizki Aditya yang merupakan para pengusaha sukses dan pakar sumber daya manusia. Mereka memiliki pengalaman panjang dalam memimpin perusahaan dan telah menjadi bagian dari proses rekrutmen di berbagai perusahaan.Acara ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai kewirausahaan sebagai opsi karier, pentingnya menyusun CV yang menarik perhatian, dan strategi sukses dalam menghadapi proses wawancara kerja.

Pameran yang berlangsung selama satu hari tersebut menampilkan berbagai proyek yang mencakup berbagai aspek. Ketiga kategori pemenang yang berhasil mencuri perhatian adalah Stand Terbaik, Ide Terkreatif, dan Presentasi Terbaik.

Translate »