Preaload Image

Optimalkan Potensi Penelitian Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Artikel Ilmiah oleh Mahasiswa TEP

 

Pada era di mana pengetahuan dan informasi berkembang dengan pesat, keterampilan penulisan artikel ilmiah menjadi landasan utama bagi mereka yang ingin berkontribusi pada dunia akademis. Dengan tekad untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas penulisan ilmiah, sebuah pelatihan  yang telah dirancang secara khusus telah sukses terlaksana, membawa harapan baru bagi para calon penulis yang bersemangat.

Pelatihan ini dilakukan dalam rangka praktikum kuliah Evaluasi Program Diklat oleh salah satu kelompok dengan nama lembaga diklat Cerebral. Tim Cerebral sendiri merupakan tim yang terdiri atas mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang yang beranggotakan Riyo Nur Fajri sebagai Ketua Pelaksana, Sri Patwati sebagai Sekretaris, Muhammad Zulfikar sebagai Koordinator Marketing dan Desain Grafis, Muhammad Ridho’I sebagai Koordinator Manajemen SDM, dan Laila Raviatuz Zahro sebagai Developer/Operator serta Aurellia Khansa dari Program Management Intern di Produktifkuy sebagai moderator yang memandu acara pelaksanaan pelatihan ini. Untuk memastikan dan menjaga kredibilitas materi pelatihan, Tim Cerebral mengundang Bapak Bambang Prastio, M.Pd. sebagai pemateri. Narasumber merupakan Praktisi Mengajar Kemendikbud dan penulis 3 (tiga) artikel ilmiah terindeks Scopus Q1 di tahun 2023. Selain itu juga sedang melanjutkan jenjang pendidikannya di S3 Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Malang.

Program “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah” dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada hari Minggu, 5 November 2023 pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Pelatihan ini diikuti sebanyak 72 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa umum dan beberapa guru yang ingin mendalami tentang kepenulisan artikel ilmiah. Susunan acara  pelatihan ini diawali dengan obrolan santai oleh moderator kepada peserta, dilanjutkan dengan sesi pembukaan, kemudian penyampaian sambutan oleh ketua panitia dan dosen pengampu mata kuliah, masuk pada kegiatan inti yaitu pemaparan materi diikuti sesi tanya jawab, sesi ice breaking, penugasan, penilaian penugasan, dan terakhir adalah penutup.

Sesi pembukaan di awali dengan sambutan hangat yang disampaikan oleh dosen pengampu mata kuliah evaluasi program pendidikan dan pelatihan. Bapak Ence Surahman, S.Pd., M.Pd., Ph.D. menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan program pelatihan ini adalah sebagai sarana untuk mahasiswa S1 TEP Universitas Negeri Malang untuk dapat menganalisis dan mempersiapkan kebutuhan diklat, hingga melaksanakan diklat yang sudah dirancang. Bapak Ence turut menyampaikan harapannya dari pelaksanaan program pelatihan ini, yaitu semoga peserta mendapatkan pengetahuan yang bermakna, serta dapat berguna dan menungjang mahasiswa jenjang S1 hingga S3 dalam mengerjakan pekerjaan atau tugas akhir. Di akhir sesi sambutan, Bapak Ence membuka program pendidikan dan pelatihan oleh tim Cerebral dengan ucapan basmalah. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan oleh Riyo Nur Fajri selaku ketua pelaksana yang menyampaikan tujuan diselenggarakannya pelatihan yang bertajuk penulisan artikel ilmiah ini. Riyo juga menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam kepada dosen atas bimbingan yang telah diberikan kepada tim Cerebral hingga program pelatihan dapat berjalan. Selain itu, ucapan terima kasih juga diberikan kepada pemateri karena telah bersedia meluangkan waktu dan tenaga untuk bisa mengisi sesi pelatihan kali ini. Di akhir kata sambutan, Riyo menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada seluruh peserta.

Memasuki kegiatan inti yaitu penyampaian materi oleh Bapak Bambang Prastio, M.Pd., yang merupakan Praktisi Mengajar sekaligus Mahasiswa S3 Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Malang tentunya memiliki pengalaman dan prestasi yang luar biasa pada bidang kepenulisan artikel ilmiah. Narasumber memberikan materi tentang proses penulisan artikel ilmiah secara mendalam namun dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh seluruh kalangan. Tidak hanya langkah-langkah penulisan, pemateri turut menjelaskan bagaimana sistem jurnal ilmiah dan juga proses pengiriman hingga penerbitan artikel pada jurnal ilmiah. Pemateri juga turut mengajak partisipasi aktif oleh peserta dengan memberikan beberapa pertanyaan ketika sedang menjelaskan materinya (Kontributor: Sri dkk, Editor: NC-TEP UM).

Translate »