Preaload Image

Dari Kanvas Digital ke Uang Riil: Pelatihan Medibang untuk Penjualan Shutterstock Oleh Mahasiswa TEP Untuk Mendukung SDGs 4 dan 9

Sebuah kelompok mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UM menyelenggarakan pelatihan dengan judul “Dari Kanvas Digital ke Uang Riil: Pelatihan Medibang untuk Penjualan Shutterstock” dalam rangka mendukung kegiatan pembelajaran pada mata kuliah Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan. Praktikum ini mengintegrasikan aspek kreativitas digital dan strategi pemasaran dengan memanfaatkan platform terkemuka yaitu Medibang dan Shutterstock. Hal ini memiliki tujuan utama untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada peserta pelatihan terkait pemasaran karya seni digital. Pelatihan Medibang untuk Penjualan Shutterstock memberikan kesempatan kepada peserta pelatihan agar dapat memahami hubungan antara seni digital dan potensi penghasilan nyata. Dengan kehadiran narasumber dari mahasiswa Teknologi Pendidikan yang berkompeten pada bidang seni digital yakni Irene Silvia Laiya, praktikum ini diharapkan menjadi platform bagi peserta pelatihan untuk menjembatani kesenian digital dengan dunia bisnis secara efektif. 

Kegiatan pelatihan berlangsung selama 2 hari yaitu pada Jum’at 24 November 2023 dan Sabtu 25 November 2023. Pada tanggal 24 November, pelatihan dilaksanakan pukul 15.00 hingga 17.00 secara sinkronus melalui platform Zoom Meeting. Acara pelatihan tidak berhenti di situ saja, hari kedua dilaksanakan 25 November pukul 13.00 hingga 15.00 secara asinkronus melalui grup WhatsApp. 

Pelatihan ini melibatkan lima anggota kelompok yang memainkan masing-masing peran penting dalam kelancaran acara tersebut, yaitu Muhammad Al-Fariq Gunawan selaku ketua pelaksana dan penanggung jawab atas pelaksanaan keseluruhan pelatihan, Reka Wanadya Redyata sebagai moderator untuk memfasilitasi interaksi antara peserta dengan pemateri pelatihan, Irene Silvia Laiya sebagai pemateri dasar desain grafis 2D dan menggambar digital melalui Medibang, Yanuar Rizky Prasetyo sebagai pemateri pengenalan Shutterstock, dan Muammar Rizki Rumandor sebagai operator selama kegiatan pelatihan berlangsung.

Sejumlah 25 peserta pelatihan mayoritas berasal dari kalangan SMA, keikutsertaan peserta dalam kegiatan pelatihan mencerminkan antusiasme tinggi mereka terhadap dunia seni digital. Berlangsungnya kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa terdapat minat dan semangat tinggi dalam upaya memperkaya pengalaman belajar untuk mengenal sesuatu hal baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya oleh para peserta.

Pelatihan Medibang untuk Penjualan Shutterstock dibuka dengan sambutan hangat dari ketua pelaksana yaitu Muhammad Al-Fariq Gunawan yang menyampaikan tujuan dan arti penting kegiatan pelatihan tersebut kepada peserta. Setelah itu, Bapak Ence Surahman S.Pd., M.Pd., Ph.D selaku dosen pembina mata kuliah Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan memberikan sambutan dan semangat kepada peserta untuk terlibat aktif agar dapat mengeksploitasi peluang belajar yang diberikan selama pelatihan. 

Kegiatan pelatihan hari pertama dimulai dengan pemaparan dari pemateri pertama yaitu Irene Silvia Laiya. Materi pertama yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah dasar desain grafis 2D. Mengenal dasar desain grafis 2D merupakan langkah penting yang harus diperhatikan bagi peserta yang ingin mengembangkan keterampilan mereka dalam seni digital. Pentingnya mengenal dasar desain grafis 2D terletak pada kemampuan peserta untuk menguasai unsur desain grafis 2D, komposisi warna, tipografi, semiotika visual dan lay outSetelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab berlangsung, peserta pelatihan secara aktif berpartisipasi dalam mengajukan pertanyaan dan berbagi pandangan mereka. 

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua yang mengenalkan dan mempraktikkan penggunaan Medibang untuk menggambar 2D. Pemateri memberikan wawasan mendalam dan panduan praktis. Dengan penekanan pada aspek praktis, peserta pelatihan diajak untuk secara langsung mengaplikasikan pengetahuan yang diberikan. Setelah pemaparan materi kedua selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab berjalan dengan sangat seru dan interaktif, hal tersebut menunjukkan antusiasme tinggi peserta dalam memahami konsep yang diajarkan. 

Tidak berhenti di situ, kegiatan pelatihan juga menyajikan sesi kuis dengan menggunakan Quizziz yang telah disiapkan oleh panitia. Para peserta pelatihan sangat semangat berlomba-lomba untuk mencapai skor terbaik, dengan adanya Quizziz dapat mendorong peserta secara aktif dan menguji pemahaman mereka secara mendalam. Setelah kegiatan kuis selesai, peserta diberikan sebuah penugasan untuk menggambar menggunakan Medibang dan dikumpulkan pada pelatihan hari kedua melalui link Google Form yang telah disediakan oleh panitia. 

Interaksi kegiatan pelatihan antara peserta dengan pemateri kedua yaitu Yanuar Rizky Prasetyo terus ditingkatkan melalui grup WhatsApp pada tanggal 25 November 2023, di mana peserta mendapatkan modul pelatihan yang disediakan secara online agar memberikan keleluasaan bagi peserta untuk belajar secara mandiri. Pemateri juga memberikan panduan yang jelas melalui screencast tentang berbagai fitur dan fungsi yang terdapat pada Shutterstock. Pemateri dengan jelas menguraikan langkah-langkah penggunaan, mulai dari proses pendaftaran hingga teknik pencarian gambar dan lisensi. Hal ini memungkinkan peserta untuk mengakses materi kapan pun sesuai dengan waktu belajar masing-masing.

Kegiatan pelatihan Medibang untuk penjualan Shutterstock diakhiri dengan memberikan sertifikat kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan pelatihan, kami juga mengumumkan tiga nominasi karya terbaik dari seluruh peserta. Sebagai bentuk apresiasi bakat peserta pelatihan yang telah berkembang selama mengikuti kegiatan pelatihan, kami menampilkan karya seni digital seluruh peserta melalui museum digital (Kontributor: Reka, Al-Fariq, Editor: Nc-TEP UM). 

Translate »