Preaload Image

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Articulate Storyline oleh Mahasiswa TEP Guna Mempersiapkan Capaian SDGs 4

 

Dalam rangka  praktikum mata kuliah Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan, salah satu kelompok  bernama AWSKILL Group melaksanakan pelatihan “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Articulate Storyline” yang diselenggarakan dalam 2 hari yakni  pada tanggal 9 November 2023 di hari Kamis pukul 13.00, dan 12  November 2023 di hari Minggu pukul 07.30 WIB. Pelatihan ini dilakukan secara virtual training melalui platform Zoom di hari kamis dan WA Grub di hari minggu. 

Kelompok pelatihan ini beranggotakan 6 orang diantaranya Nirmala Putri Lufianto sebagai ketua pelaksana, Trustha Cinantya Putri Tulungagung sebagai pemateri pertama, Alviona Yunda Putri Aryawanti sebagai moderator, Rizky Kurnia Putra operator, Dyah Retno Kusumaningrum sebagai pemonev peserta pelatihan, dan Umpi Ridwan sebagai bendahara, lalu untuk pemateri pertama yaitu Trustha Cinantya Putri Tulungagung dan pemateri kedua Yanuar Rizky Prasetyo. Para panitia pelatihan berkumpul di Rumah kediaman Nirmala Putri di Pohbener, Desa/Kelurahan Gondowangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Hal itu dilakukan untuk memudahkan koordinasi antar panitia supaya pelatihan dapat berjalan dengan baik. 

Ketua panitia berpendapat bahwa pelatihan yang diselenggarakan di latarbelakangi dengan menguasai keterampilan dalam menggunakan Articulate Storyline, dapat mengembangkan materi pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Kemampuan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memotivasi pembelajaran, dan meningkatkan pemahaman konsep. Selain itu, dengan menggunakan Articulate Storyline, dapat menciptakan modul pembelajaran yang dapat diakses secara online, memungkinkan fleksibilitas akses untuk peserta didik di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, pelatihan ini membuka peluang untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran, memperkaya metode pengajaran, serta membantu mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih efektif.

Pelatihan ini dihadiri sebanyak 43 peserta yang kebanyakan berasal dari kalangan mahasiswa yang berminat dengan materi pelatihannya. Susunan acara pelatihan dimulai dengan pembukaan, sambutan dari ketua panitia, sambutan dan pembukaan dari dosen, lalu sesi pemateri pertama, tanya jawab, ishoma, pemateri kedua, tanya jawab, pemberian sertifikat perwakilan peserta, penugasan, pengumpulan dan penilaian tugas serta penutupan. 

Trustha sebagai pemateri pertama menjelaskan pengantar media pembelajaran interaktif dan pengantar software Articulate Storyline. Articulate Storyline memiliki peran penting dalam pembuatan materi pembelajaran digital yang interaktif dan menarik. Fungsi utama platform ini adalah menyediakan lingkungan pengembangan yang user-friendly bagi para desainer instructional dan pengajar. Dengan software tersebut, pengguna dapat dengan mudah membuat konten multimedia, seperti teks, gambar, audio, dan video, serta mengintegrasikannya ke dalam presentasi yang dinamis.

Di samping itu pemanfaatan multimedia interaktif yang notabene berbasis digital juga menjadi wujud dari upaya untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran, yang nantinya dapat meningkatkan pemahaman belajar. Pemanfaatan media pembelajaran interaktif menjadi sebuah awal bagi pendidik untuk mengkreasikan pembelajaran dengan hal-hal yang inovatif dan kreatif.

Dalam sambutannya Ence Surahman, S.Pd., M.Pd., Ph.D (dosen pengampu mata kuliah) menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan tugas dari kuliah Evaluasi Program Diklat. “Pelatihan ini merupakan praktikum dari perkuliahan Evaluasi Program Diklat, para mahasiswa kami di TEP FIP UM dibekali pengetahuan dan keterangan nyata dalam menentukan analisis kebutuhan diklat, merancang kurikulum dan desain program diklat, modul dan bahan tayang diklat, buku evaluasi diklat termasuk praktikum dan laporannya. Untuk itu selamat mengikuti dan semoga mendapatkan banyak pengalaman bermanfaat”.

Saat sesi pematerian, Yanuar Rizky Prasetyo mempraktikkan langsung pembuatan media pembelajaran interaktif yang dapat diikuti seluruh peserta dengan bahan yang telah disediakan panitia. Setelah sesi materi, para peserta diberikan penugasan untuk membuat media pembelajaran interaktif menggunakan software yang telah dilatihkan, kemudian dikumpulkan dan dinilai oleh panitia. Acara penutupan dilakukan oleh panitia bersama peserta pada Minggu, 12 November 2023 pada WA Grub (Kontributor: Nirmala, Alviona, Trustha, Risky, Dyah, Ridwan, Editor: Nc TEP-UM).

Translate »