Preaload Image

Mahasiswa TEP Latih Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis PowToon Untuk Mendukung SDGs 4

 

Dalam rangka praktikum untuk memenuhi nilai mata kuliah Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan yang diampu oleh Bapak Ence Surahman, S.Pd., M.Pd., Ph.D., salah satu kelompok dari offering B21 bernama Vanna Creative melaksanakan pelatihan “Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis PowToon” yang diselenggarakan pada hari Rabu, 01 November 2023 di hari Rabu pukul 13.00 WIB secara virtual training melalui platform ZOOM, dan tanggal 2-8 November 2023 melalui WhatsApp Group. Kelompok ini beranggotakan Muhammad Syarifuddin sebagai ketua pelaksana, lalu ada Nabilah Hikmah sebagai Moderator, lalu untuk bagian operator Zoom ada Ardila Rahwati, kemudian di bagian Evaluator Peserta Pelatihan ada Vienkan Linzami Maharani, dan untuk Pemateri Aghisni Nur Zakki Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Angkatan 2020, dan terakhir ada Muhammad Nur Aulia Yulmaputra sebagai PJ Pemateri. Para panitia pelatihan dan pemateri berkumpul di Rumah BUMN di Jl. Raya Langsep No. 2 – 4, Bareng, Kec. Klojen. Hal itu dilakukan untuk memudahkan koordinasi antar panitia supaya pelatihan dapat berjalan dengan baik.

Pelatihan ini dihadiri sebanyak 63 peserta yang mayoritas berasal dari kalangan mahasiswa, dosen, guru dan masyarakat umum yang berminat dengan materi pelatihan video pembelajaran. Susunan acara pelatihan dimulai dengan pembukaan, sambutan dari ketua panitia, sambutan dan pembukaan dari dosen, lalu sesi pematerian, penugasan, serta penutupan. Pada saat sesi pematerian, Aghisni Nur Zakki menjelaskan materi tentang pengantar video pembelajaran dan pengantar PowToon, kemudian pemateri secara teknis demonstratif tentang bagaimana cara membuat video pembelajaran menggunakan Powtoon. Setelah sesi materi, para peserta diberikan penugasan untuk membuat video pembelajaran menggunakan platform yang telah disampaikan oleh pemateri, kemudian dikumpulkan dan dinilai oleh panitia.

Dalam sambutannya Bapak Ence Surahman, S.Pd., M.Pd., Ph.D selaku dosen pengampu mata kuliah Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan menjelaskan, “Pelatihan ini merupakan praktikum dari perkuliahan Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan, para mahasiswa teknologi pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2021 dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam menentukan analisis kebutuhan diklat, merancang kurikulum dan desain program diklat, modul dan  bahan tayang diklat, buku evaluasi termasuk praktikum dan laporannya. Untuk itu selamat mengikuti pelatihan ini dan semoga mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat ke depannya”.

Ketua pelaksana pelatihan, Muhammad Syarifuddin mengatakan bahwa pelatihan ini diselenggarakan karena pendidikan saat ini semakin terdorong untuk menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Teknologi telah membuka pintu bagi pengajaran dan pembelajaran yang lebih interaktif, kreatif, dan menarik, dan video pembelajaran menjadi komponennya. PowToon adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk membuat video pembelajaran yang menarik dan mudah dimengerti oleh siswa.

Meskipun penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran semakin ditingkatkan, tidak semua guru dan calon guru memiliki kemampuan untuk menguasai alat-alat teknologi tertentu. Dalam hal ini, pelatihan dalam pembuatan video pembelajaran berbasis PowToon dapat membantu meningkatkan kemampuan teknologi guru dan memungkinkan mereka untuk menghasilkan video pembelajaran yang menarik dan berguna. Oleh karena itu, pelatihan dalam pembuatan video pembelajaran berbasis PowToon dapat membantu guru dan calon guru untuk membuat pelajaran online menarik dan mudah dipahami siswa (Kontributor: Ardila, Aulia, Arif, Nabilah, dan Vienkan, Editor: Nc-TEP UM).

Translate »