Preaload Image

Mastering Canva: Pelatihan Pembuatan Media Presentasi Pembelajaran Interaktif Dengan Canva Magic AI oleh Lembaga Canva Learn Class Oleh Mahasiswa TEP Untuk Mendukung SDGs 4

 

Dengan persiapan hampir satu tahun, pelatihan pembuatan media presentasi pembelajaran interaktif dengan Canva Magic AI sukses dilaksanakan. Pelatihan untuk membuat media presentasi menggunakan platform Canva bagi para mahasiswa, guru, hingga umum digelar oleh Lembaga Canva Learn Class, salah satu kelompok mahasiswa Departemen Teknologi Pendidikan dari Universitas Negeri Malang yang beranggotakan 6 mahasiswa Universitas Negeri Malang, dengan Mohammad Nawa Aba-‘Ilmi sebagai Ketua Pelaksana, Rosa Istighfariananda sebagai Moderator, Seira Putri Azizah sebagai Operator, Nicolas Filippo Ramadhon sebagai Sie Acara dan Penugasan, Fajriah Khoirun Nisa dan Sheril Yemina Chinyani Manalu sebagai Penanggung jawab Penyampaian Penugasan dan Sie Humas yaitu penanggung jawab dalam menyusun dan  mengelola komunikasi internal dan eksternal dalam pelatihan ini.

Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman teori dan praktek mendalam tentang bagaimana cara untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik dengan bantuan teknologi yang saat ini tengah ramai dibicarakan, yaitu teknologi AI. Platform Canva memang sudah lama digunakan sebagai alat untuk merancang media pembelajaran, tetapi belum banyak yang mengetahui fitur terbarunya atau fitur “Canva Magic AI”. Sehingga dengan pelatihan ini, diharapkan dapat membantu peserta pelatihan untuk mengenal “Canva Magic AI” dan mengaplikasikannya setelah pelatihan dilaksanakan.

Pemilihan topik “Pelatihan Pembuatan Media Presentasi Pembelajaran Interaktif Dengan Canva Magic AI” berhasil menarik 426 pendaftar dan diikuti oleh kurang lebih 200 peserta yang didominasi oleh kalangan guru dari seluruh Indonesia yang bersemangat untuk mengembangkan keterampilan dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik untuk siswa/siswi di Indonesia.

Pelatihan pembuatan media presentasi pembelajaran interaktif dengan Canva Magic AI berlangsung selama dua hari yaitu pada hari Jumat, 10 November 2023 dan Sabtu, 11 November 2023 pada pukul 18.30 WIB. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring atau online melalui platform zoom meeting.

Pelaksanaan pelatihan pembuatan media presentasi pembelajaran interaktif dengan Canva Magic AI yang digelar merupakan tugas akhir dari mata kuliah Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan yang diampu oleh Bapak Ence Surahman, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Program pelatihan ini dirancang selama hampir satu tahun, di mana selama masa tersebut kelompok praktikan membuat rancangan pelatihan, modul pelatihan, bahan tayang, dan juga buku evaluasi. Kelompok praktikan memutuskan untuk pada akhirnya memilih Ibu Lina Wijayanti, M.Pd. selaku guru SD, Education Influencer, dan CEO Tumbuh Learning Center sebagai pemateri.

Agenda hari pertama pelatihan, dibuka dengan moderator dan pengenalan pemateri, serta dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai pengenalan fitur-fitur  dasar Canva hingga fitur terbaru dari Canva Magic AI selama satu jam dan disusul oleh sesi tanya jawab yang dipilih acak oleh operator karena antusias yang tinggi dari peserta pelatihan. Hingga pada sesi akhir yakni sesi penyampaian tugas. Tidak jauh berbeda pada agenda hari pertama, kegiatan hari pertama diawali dengan Ice Breaking yang diberikan oleh pemateri, Ibu Lina Wijayanti untuk membangkitkan semangat para peserta pelatihan. Dilanjutkan dengan penyampaian materi praktek bagaimana cara menggunakan fitur-fitur topik utama pelatihan ini, yaitu fitur “Canva Magic AI”. Beberapa peserta tampak sangat ingin tahu bagaimana cara kerja fitur tersebut, hingga dibukalah sesi tanya jawab. Tidak jauh berbeda seperti hari pertama, para peserta banyak yang ingin menggali lebih jauh tentang fitur tersebut. Tentu pemateri dengan senang hati menjawab semua rasa keingintahuan para peserta pelatihan dengan tekun. Sampailah pada sesi akhir, yaitu sesi penyampaian tugas oleh penanggung jawab kegiatan dan penutupan pelatihan ini oleh moderator. Panitia pelaksana dan peserta pelatihan saling mengucapkan terima kasih karena dengan adanya pelatihan ini, semua dapat berbagi ilmu yang bermanfaat satu sama lain (Kontributor: Fajriah, Editor: Nc-TEP UM).

Translate »