Preaload Image

Pelatihan Editing Video Kekinian Untuk Menghasilkan Cuan Oleh Mahasiswa TEP UM Dalam Mendukung SDGs 4

 

Telah dilaksanakan Pelatihan Editing Video Kekinian untuk Menghasilkan Cuan pada 15-18 November 2023 lalu. Pelatihan ini merupakan pelatihan yang diadakan oleh Lembaga Diklat CEROS CREATIVE mahasiswa Departemen Teknologi Pendidikan Angkatan 2021 yang beranggotakan 5 orang yaitu Amirah Qonitatus Zakiyyah sebagai ketua pelaksana, Marisa Zahra Isna sebagai moderator, Aisna Rahma Dewi sebagai pemonev diklat, Muchammad Thoriq Ismail sebagai graphic designer, dan Rico Kurnia Ananda sebagai operator. Pelatihan ini diadakan untuk mendorong kreativitas generasi muda dalam berkreasi terutama dalam membuat video konten kreatif yang menarik, edukatif, inovatif, dan dapat menghasilkan uang.

Pelatihan ini merupakan kegiatan praktikum dari mata kuliah Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan yang diampu oleh Bapak Ence Surahman, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D. Pelatihan ini terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya. Pelatihan ini dilaksanakan secara online melalui Zoom, diselenggarakan selama 4 hari, di mulai pada tanggal 15 November 2023 dengan pembukaan pelatihan dan penyampaian materi secara synchronous melalui zoom meeting pada pukul 13.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan penugasan secara asynchronous tanggal 16-17 November 2023, lalu diakhiri dengan awarding dan penutupan secara synchronous melalui zoom meeting pada 18 November 2023 pada pukul 09.30 WIB. Dalam pelatihan ini menghadirkan Fadiza Nova Ebzy, mahasiswa  S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Angkatan 2020 sekaligus seorang influencer sebagai pemateri diklat.

Pelatihan ini mendapat sambutan yang baik dari para peserta terutama para generasi muda. Terbukti dari 69 peserta yang didominasi oleh kalangan mahasiswa, tidak hanya mahasiswa yang berasal dari Universitas Negeri Malang saja, namun juga mahasiswa dari berbagai universitas lain di Indonesia, seperti Universitas Palangkaraya, Universitas Negeri Jember, Universitas Negeri Surabaya, UIN SATU Tulungagung, Universitas Airlangga, Universitas Halu Oleo, Universitas Diponegoro, dan masih banyak lagi.

Saat sesi penyampaian materi, Fadiza Nova Ebzy menjelaskan materi tentang bagaimana peran video dalam menghasilkan cuan, berbagai cara agar bisa membuat konten yang unik untuk menarik minat viewers, cara mengedit video menggunakan aplikasi Capcut dan VN, serta bagaimana cara mengunggah video tersebut melalui aplikasi TikTok dan Instagram.

Setelah sesi materi, para peserta diberikan penugasan berupa pembuatan video yang sesuai dengan beberapa syarat dan ketentuan yang telah ditentukan, kemudian dikumpulkan dan dinilai oleh panitia. Hal ini mendapatkan antusiasme oleh peserta dengan pemberian reward kepada 3 hasil video terbaik yang diadakan di hari penutupan pada 18 November 2024. Selain itu, pelatihan ini bermanfaat dan membantu dalam membuat konten video yang menarik dan baik, sebagaimana yang dikatakan oleh Vanessa pada sesi pemberian kesan sebagai salah satu peserta dengan karya terbaik yang diselenggarakan oleh Lembaga Diklat Ceros Creative pada Pelatihan Editing Video Kekinian untuk Menghasilkan Cuan (Kontributor: Amirah & Aisna, Editor: Nc-TEP UM).

Translate »