Preaload Image

Mahasiswa TEP Sukses Gelar Pelatihan CV Nasional Untuk Membantu Peserta Capai Dream Job di Era Digital Untuk Mendukung SDGs 4 dan 8

Dalam rangka praktikum kuliah Evaluasi Program Diklat salah satu kelompok yang bernama Lembaga Diklat DEMICCA laksanakan pelatihan Pembuatan Curriculum Vitae (CV) dengan mengusung tema “Creating a Standout cv To Get Your Dream Job” diselenggarakan secara virtual training melalui Zoom meeting pada Sabtu-Minggu, 11-12 November 2023 pada pukul 09.30 WIB. Kelompok ini beranggotakan Chandrina Damayanti Setiasih sebagai Event Coordination, Dilla Alimy dan Muhammad Adam Bagus Subekti sebagai team desainer dan operator, Robinsyah Aliwafa Zain dan Ela Apryana Hutauruk sebagai pemonev peserta diklat, dan  Almas Ardhia Pramist sebagai Administrasi. Pelatihan di dukung oleh Rumah BUMN dari Bank BRI Kota Malang tepatnya berada di Jl. Raya Langsep No.2 – 4, Bareng, Kec. Klojen yang menyediakan co-working space dan publikasi pelatihan.

Pelatihan yang bertajuk “Creating a Standout cv To Get Your Dream Job” memiliki tujuan untuk membantu para siswa, mahasiswa, dan fresh graduate untuk mempersiapkan dan mendapatkan pekerjaan yang diimpikannya. Pelatihan ini menghadirkan narasumber expert di bidang HRD yaitu di pelatihan hari pertama bersama M. Fazar Riansyah yang merupakan lulusan dari program Magang oleh MSIB Kampus Merdeka di Kalbe Nutritionals (PT Sanghiang Perkasa) sebagai Human Resources Development juga merupakan fresh graduate mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Malang (UM). Ditambah di hari kedua bersama Reviewer CV bersama Fikri Ariansyah Pratama yang merupakan People Enthusiast dan penerima award XL Future Leaders B10. Dua narasumber tersebut sudah memiliki pengalaman selama dua tahun di bidang human development

Pendaftar peserta pelatihan Pembuatan CV ini berhasil tembus lebih dari 150 peserta. Di hari pertama pelatihan (11/11/23) dihadiri oleh 80 peserta. Pelatihan hari pertama ini dibuka dan dipandu oleh Master of Ceremony handal UM yaitu Debby Arina Arfah dan di moderatori oleh Riyo Nur Fajri selaku Manager dari Program Management di Produktifky. Ditambah sambutan hangat oleh Bapak Ence Surahman, S.Pd., M.Pd., Ph.D selaku Board of Director atau dosen pengampu mata kuliah Evaluasi Program Diklat. Pembukaan sekaligus pelatihan hari pertama ini membahas dasar-dasar awal atau memperkenalkan curriculum vitae (CV) seperti apa-apa saja yang harus ada di CV oleh M. Fazar Riansyah.

Setelah pelatihan secara synchronous melalui ZOOM Meetings, terdapat pelatihan secara asynchronous setelahnya yaitu penugasan pembuatan CV. Pada agenda ini, peserta diminta untuk membuat CV dari template yang telah disediakan panitia. Setelah pengerjaan pembuatan CV, nantinya CV peserta tersebut di review via google drive dan di review secara keseluruhan oleh reviewer pelatihan CV hari kedua pelatihan. Di hari kedua pelatihan (12/11/23) dimoderatori oleh Shafa Salsabilla yang berisi review CV hasil dari CV yang telah dibuat peserta pelatihan oleh Fikri Ariansyah Pratama. Dihadiri oleh 33 peserta. Review CV yang dilakukan oleh reviewer adalah review secara keseluruhan dari 20 CV yang di review pada penugasan sebelumnya. Reviewer juga memberikan masukan-masukan kepada peserta untuk memperbaiki CV nya menjadi lebih menonjol dan profesional.

Pelatihan yang berlangsung memberikan banyak insight baru kepada peserta karena setiap pelatihan diberikan juga sesi tanya jawab secara langsung dari peserta oleh narasumber. Ditambah pemberian tips and tricks yang merupakan secret recipe bagi seorang HRD dalam proses recruiting. Pelatihan CV di hari kedua ini sekaligus menjadi penutup diklat pelatihan pembuatan CV yang bertemakan “Creating a Standout cv To Get Your Dream Job”. Ditutup oleh panitia bersama peserta dengan penganugerahan dua peserta terbaik dari peserta ter-aktif dan peserta dengan poin tertinggi hasil pre-test dan post-test (Kontributor: Chandrina, Editor: Nc-TEP UM).

 

Translate »