Preaload Image

Pelaksanaan Pelatihan Desain Grafis 3D menggunakan Software Blender Oleh Mahasiswa TEP Untuk Mendukung SDGs 4

Dengan penuh semangat memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Program Diklat salah satu kelompok dengan nama lembaga ArtNerve melaksanakan sebuah pelatihan dalam pembuatan desain grafis 3D menggunakan software Blender secara virtual menggunakan platform zoom pada Minggu, 12 November 2023 pukul 10.00 WIB hingga selesai. Kelompok ini beranggotakan Mochammad Anand Fadli sebagai Ketua Pelaksana, Muhammad Agung Pribadi sebagai Moderator, Rizki Dwi Cantika Azzahra sebagai Sie Humas dan juga Pemandu Ice Breaking, Saniya Dian Safitri sebagai Sie Acara, Syahdiar Ahmad Mumtaz sebagai PDD dan Operator Maharani Nabilah sebagai Penyampaian Penugasan. Serta Bantuan dari Husein Maliki sebagai Operator Sukarela yang turut memberikan kontribusi.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 49 peserta yang kebanyakan berasal dari kalangan mahasiswa yang berminat dengan pelatihan ini untuk menambah atau mengembangkan skill nya. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana dan dari dosen pengampu mata kuliah. Dalam sambutannya ketua pelaksana menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan pelatihan. Adapun dosen pengampu (Ence Surahman, S.Pd., M.Pd., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada kelompok praktikan dan para peserta yang sudah hadir. Beliau juga menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan agenda prakikum dari mata kuliah evaluasi progra diklat yang diharapkan membekali pengetahuan dan keterampilan praktis dalm merancang, mengembangkan, mengelola dan mengevaluasi sebuah program pelatihan.

Agenda dilanjutkan dengan sesi pemateri  dalam penyampaian materi mulai dari pengenalan software blender hingga tutorial dalam pembuatan desain 3D oleh Nur Mukhammad Khilmi mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang yang memiliki pengalaman sebagai freelance Illustrator dan freelance 3D. Ia miliki kemampuan yang cukup mahir dalam bidang desain, 3D modelling, dan animating. Selama pelatihan terdapat sesi tanya jawab yang diberikan oleh moderator dan kemudian peserta aktif dalam bertanya melaui kolom chat dan juga menanyakan langsung kepada pemateri. Di setiap sesi tanya jawab hanya ada 3 penanya untuk membatasi waktu agar sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah penyampaian tutorial pembuatan desain 3D dilanjutkan dengan sesi Ice breaking yang memberikan suasana menyenangkan setelah pemaparan materi yang cukup lama. Lalu dilanjutkan dengan penugasan, pengumpulan dan pemberian reward kepada dua peserta dengan hasil karya terbaiknya. 

Adanya program pelatihan ini diadakan karena untuk membantu banyak individu, terutama pada mahasiswa baru teknologi pendidikan dan mahasiswa universitas negeri malang yang ingin menambah atau mengembangkan skill yang dimilikinya. Program pelatihan desain grafis 3D berbasis software Blender dipilih karena merupakan jembatan menuju dunia kreativitas tanpa batasan. Selain itu blender juga merupakan salah satu perangkat lunak gratis yang terbuka, membuka pintu bagi siapa pun yang ingin memperluas cakrawala desain 3D tanpa kendala biaya. Dukungan komunitas yang luas, merangkul para pemula hingga profesional, memberikan jaminan untuk mendapatkan bantuan, saran, dan inspirasi dari sesama pengguna yang bersemangat (Kontributor: Rizki & Maharani, Editor: Nc-TEP UM).

 

Translate »