Preaload Image

Pelatihan Pembuatan Multimedia Linear Berbasis VideoScribe Oleh Mahasiswa TEP Untuk Mendukung Capaian SDGs 4

Dalam rangka  praktikum mata kuliah Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan, salah satu kelompok  bernama VMIX Group melaksanakan pelatihan Pembuatan Multimedia Linear Berbasis VideoScribe yang diselenggarakan dalam 2 hari yakni  pada tanggal 8 November 2023 di hari Rabu, dan 11  November 2023 di hari Sabtu pukul 09.30 WIB. Pelatihan ini dilakukan secara virtual training melalui platform ZOOM. Kelompok pelatihan ini beranggotakan 5 orang diantaranya Rahel Putri Sakhinah sebagai ketua pelaksana, Husein Maliki sebagai Moderator, Nadiva Priyuana Dewi sebagai Operator, Melvan Windia Titaniansyah sebagai Pemonev Peserta Pelatihan, dan Taftazani Idmatsaqif Zulmazaya sebagai Bendahara, lalu untuk pematerinya yaitu Aghisni Nur Zakki. Para panitia pelatihan berkumpul di Rumah BUMN di Jl. Raya Langsep No.2 – 4, Bareng, Kec. Klojen. Hal itu dilakukan untuk memudahkan koordinasi antar panitia supaya pelatihan dapat berjalan dengan baik.

Pelatihan ini dihadiri sebanyak 42 peserta yang kebanyakan berasal dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum yang berminat dengan materi pelatihannya. Susunan acara pelatihan dimulai dengan pembukaan, sambutan dari ketua panitia, sambutan dan pembukaan dari dosen, lalu sesi pematerian, ice breaking, penugasan, pengumpulan dan penilaian tugas serta penutupan.

Ketua panitia berpendapat bahwa pelatihan yang diselenggarakan dilatarbelakangi karena dunia kerja saat ini semakin menghargai individu yang memiliki keterampilan multimedia. Pelatihan ini dapat memberikan mahasiswa dan masyarakat umum keunggulan kompetitif dalam mencari pekerjaan di berbagai sektor. Dengan pertumbuhan konten digital, keterampilan dalam membuat multimedia linear membantu mahasiswa dan masyarakat umum untuk menyampaikan informasi dengan cara yang lebih menarik dan efektif. Serta Pelatihan ini dapat menjadi wadah untuk mengembangkan kreativitas dalam merancang konten visual. Kemampuan ini dapat diterapkan dalam berbagai konteks, termasuk presentasi, pemasaran, dan edukasi.

 

Selain itu VideoScribe adalah alat yang relatif mudah digunakan, memungkinkan mahasiswa dan masyarakat umum yang tidak memiliki latar belakang teknis khusus untuk membuat konten multimedia dengan cepat dan efisien. Pelatihan ini dapat menjadi langkah awal untuk memperkenalkan dan membiasakan mahasiswa dan masyarakat umum dengan teknologi animasi dan multimedia, seiring dengan tren pendidikan yang semakin mengadopsi alat digital. Multimedia, terutama dalam bentuk animasi, dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman konsep. Ini dapat menjadi alasan bagi mahasiswa dan masyarakat umum untuk mengembangkan keterampilan membuat konten multimedia. 

Pelatihan pembuatan multimedia linear berbasis videoscribe dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan informasi dengan cara yang menarik dalam konteks pembelajaran jarak jauh, yang semakin penting di era digital. VideoScribe memungkinkan pembuatan konten yang dapat dibagikan di media sosial dengan mudah. Hal ini dapat meningkatkan keterampilan pribadi dan profesional dalam menggunakan platform-platform ini untuk berkomunikasi.

Dalam sambutannya Ence Surahman, S.Pd., M.Pd., Ph.D (dosen pengampu mata kuliah) menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan tugas praktikum dari kuliah Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan. “Peserta yang berbahagia, pelatihan ini merupakan praktikum dari perkuliahan Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan, para mahasiswa kami di TEP FIP UM dibekali pengetahuan dan keterangan nyata dalam menentukan analisis kebutuhan diklat, merancang kurikulum dan desain program diklat, modul dan bahan tayang diklat, buku evaluasi diklat termasuk praktikum dan laporannya. Untuk itu selamat mengikuti dan semoga mendapatkan banyak pengalaman yang bermakna”.

Saat sesi pematerian, Aghisi Nur Zakki menjelaskan materi tentang prinsip-prinsip multimedia, kemudian secara teknis demonstratif tentang bagaimana cara membuat multimedia linear menggunakan VideoScribe. Setelah sesi materi, para peserta diberikan penugasan untuk membuat video bertema pembelajaran menggunakan software yang telah dilatihkan, kemudian dikumpulkan dan dinilai oleh panitia. Acara penutupan dilakukan oleh panitia bersama peserta pada Sabtu, 11 November 2023 (Kontributor: Melvan, Nadiva, Rahel, Editor: Nc TEP-UM).  

Translate »