Preaload Image

Delegasi UIN SUNAN GUNUNG DJATI meneliti bersama di LAB TEP FIP UM

Pada tanggal 10 Oktober 2023, Departemen Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (FIP UM) menerima kunjungan dua dosen dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Kunjungan ini melibatkan Dr. Dedi Wahyudi, M.Ag, dan Dr. Dian Ekawati, M.Pd, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring melalui pendekatan microlearning.

Kedatangan tim dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung ke Lab Teknologi Pendidikan (TEP) FIP UM merupakan bagian dari kolaborasi antarlembaga pendidikan tinggi. Tim ini fokus pada penelitian perangkat yang diperlukan untuk memproduksi konten microlearning guna mendukung pembelajaran jarak jauh yang efektif.

Dalam kunjungan ini, Dr. Henry Praherdhiono, yang bertindak sebagai fasilitator dari FIP UM, bersama dengan tim LAB TEP, melakukan Focus Group Discussion (FGD) sebagai tahapan analisis kebutuhan. FGD ini menjadi momen untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi dalam implementasi microlearning, serta merumuskan strategi untuk mengatasi hambatan tersebut.

Selain FGD, kegiatan kunjungan ini ditutup dengan sharing session di podcast yang bertujuan untuk bertukar pengalaman di antara kedua belah pihak universitas. Podcast menjadi platform interaktif yang memungkinkan para ahli pendidikan berbagi gagasan, pengalaman, dan wawasan terkait pengembangan pembelajaran daring dengan pendekatan microlearning.

Kunjungan ini menunjukkan komitmen kedua universitas dalam mengembangkan inovasi pendidikan, terutama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh. Hasil dari kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan teknologi pendidikan di Indonesia.

Dengan demikian, kerjasama antara Departemen Teknologi Pendidikan FIP UM dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung diharapkan tidak hanya menjadi langkah awal, tetapi juga pijakan untuk menghasilkan solusi-solusi inovatif dalam mendukung pendidikan masa depan.

Translate »