Preaload Image

Tembus Ratusan Peserta: Mahasiswa TEP Laksanakan Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan IBM SPSS 27

Dalam rangka praktikum kuliah Evaluasi Program Diklat salah satu kelompok yang bernama Lembaga Diklat SPSS Group laksanakan pelatihan pengolahan data statistik menggunakan IBM SPSS 27 yang diselenggarakan secara virtual training melalui Zoom pada Sabtu, 04 November 2023 dan Minggu, 05 November 2023 pada pukul 09.00 WIB Serta penutupan pelatihan pada Senin, 06 November 2023. Kelompok ini beranggotakan Mukhamad Refyan Taufikur Shafa sebagai ketua pelaksana, Tazkiyatu Fuadah Riyanto sebagai moderator dan sie acara, Dherista Vera Kurniawati sebagai Sekretaris, Muhammad Iqbal Fabiansyah sebagai sie humas yang berinteraksi langsung dengan peserta diklat, Ardiyana Putri sebagai bendahara, dan Rengga Nugroho sebagai sie PDD dan operator, ada juga Ika Shofiatul Mahmudah S.stat sebagai pemateri.

Pelatihan ini dihadiri sebanyak kurang lebih 100 peserta yang kebanyakan berasal dari kalangan mahasiswa, guru, pegawai perusahaan seperti BRI dan Disperindag Jatim, serta beberapa dosen yang berminat dengan materi pelatihannya. Susunan acara pelatihan dimulai dengan pembukaan, sambutan dari ketua panitia, sambutan dan pembukaan dari dosen, lalu sesi pematerian, penugasan, pengumpulan dan penilaian tugas serta penutupan.

Ketua panitia menyebutkan bahwa program pelatihan ini Pelatihan SPSS ini merupakan kesempatan yang berharga untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan kita dalam menggunakan perangkat lunak statistik ini. Dalam dunia yang semakin kompetitif, kemampuan untuk menganalisis data dengan akurat dan efisien adalah aset yang sangat berharga.Selain itu program pelatihan yang komprehensif dan berfokus pada penerapan praktis SPSS dalam berbagai konteks.

Dalam sambutannya Bapak Ence Surahman, S.Pd., M.Pd., Ph.D selaku dosen pengampu mata kuliah Evaluasi Program Diklat  menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan tugas dari kuliah Evaluasi Program Diklat. “Hadirin yang berbahagia, pelatihan ini merupakan praktikum dari perkuliahan Evaluasi Program Diklat, para mahasiswa kami di TEP FIP UM dibekali pengetahuan dan keterangan nyata dalam menentukan analisis kebutuhan diklat, merancang kurikulum dan desain program diklat, modul dan bahan tayang diklat, buku evaluasi diklat termasuk praktikum dan laporannya. Untuk itu selamat mengikuti dan semoga mendapatkan banyak pengalaman berharga”.

Saat sesi pematerian pada hari pertama, Ika Shofiatul Mahmudah menjelaskan materi pengenalan apa itu SPSS, kemudian memberikan pemaparan bagaimana memasukan dan mengolah data pada SPSS dengan mempraktikkan langsung di aplikasi IBM SPSS nya. Pada hari pertama, peserta sangat antusias dilihat dari jumlah peserta yang join zoom meeting  mencapai ratusan orang. Setelah pemaparan materi ada sesi tanya jawab dimana para peserta dengan semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi banyak yang bertanya pada pemateri. Setelah seluruh rangkaian inti selesai dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dan presensi. Kemudian melalui WhatsApp Group, panitia memberikan penugasan terkait materi hari pertama tersebut.

Kemudian pada sesi materi hari kedua Ika Shofiatul Mahmudah memberikan penjelasan serta contoh praktek langsung bagaimana melakukan uji pada SPSS terutama pada uji parametrik dan uji validitas dan reliabilitas sesuai yang ada pada modul. Sama hal nya dengan hari pertama setelah pemaparan materi selesai akan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta SPSS yang antusias bertanya lebih banyak daripada hari pertama karena materi yang disampaikan lebih kompleks. Kami sebagai panitia ikut senang dengan keaktifan teman teman peserta. Kemudian setelah seluruh rangkaian inti selesai dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dan presensi, sama seperti hari pertama, pada hari kedua panitia juga mengirimkan penugasan dimana penugasan itu untuk memastikan sejauh mana para peserta memahami materi yang disampaikan.

Yang terakhir adalah acara penutupan dimana dilakukan oleh panitia bersama peserta pada Senin 06  November 2023 melalui WhatsApp Group dengan pengumuman peserta teraktif lalu memberikan reward serta proses pengiriman sertifikat pada peserta. Berikut beberapa dokumentasi saat kegiatan berlangsung (Kontributor: Tazkiya & refyan, Editor : NC-TEP UM).

 

Translate »