MEMANFAATKAN WEBSITE MAHASISWA KPL TEP MENJAWAB PERMASALAHAN DI POLTEKPEL SURABAYA

poltekpel

Perpisahan dengan staff POLTEKPEL Surabaya

Pada hari Senin 23 Juli 2018, 4 orang mahasiswa Teknologi Pendidikan mulai melaksanakan Kuliah dan Praktik Lapangan di Politeknik Pelayaran Surabaya. Kelompok KPL POLTEKPEL terdiri dari 4 orang, yaitu Ade Setyawan P.P, Bayu Eko R. Dana Kurniawan dan M. Azwar Anas. Kelompok KPL POLTEKPEL dibimbing oleh Bapak Yerry Soepriyanto, S.T.,M.T.

Dalam pelaksanaan KPL mahasiswa mengembangkan berbagai website untuk menjawab kebutuhan administrasi dan pembelajaran di POLTEKPEL Surabaya. Salah satunya untuk Perpustakaan mahasiswa mengembangkan katalog digital.

poltekpel2

“Aplikasi katalog digital ini sudah ter-install di jaringan lokal perpustakaan POLTEKPEL menggunakan, fungsinya untuk mempermudah pendataan dan pencarian koleksi pustaka” ujar M Azwar Anas. Katalog digital memang sudah terpasang sehingga mahasiswa hanya mengolah koleksi pustaka diperpustakaan.

Selain mengoptimalkan katalog digital diperpustakaan konten lain yang dikembangkan mahasiswa KPL POLTEKPEL Surabaya adalah e-learning. Ide mengembangkan e-learning ini memang berangkat dari kebutuhan jurusan Elektronika Pelayaran. “Pihak Jurusan ETO memang berencana mengembangkan e-learning, agar lebih praktis rekomendasi dari jurusan adalah menggunakan Google Class.”

poltekpel3

Bayu Eko menambahkan “Selain untuk pembelajaran e-learning ini juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi taruna yang GAPTEK”. Hal ini memang dapat memecahkan persoalan Taruna yang terkadang masih kurang menguasai teknologi.
Satu lagi konten digital yang dikembangkan mahasiswa KPL POLTEKPEL Surabaya adalah website untuk jurusan Elektronika Pelayaran.

Website jurusan ETO ini digunakan sebagai media untuk menampilkan profil jurusan yang selama ini belum ada. “website ini memang belum sempurna tapi profil juurusan ETO sudah dapat ditampilkan dengan baik” ujar Dana Kurniawan. Website ini akan memudahkan penyebaran informasi mengenai jurusan ETO sehingga nantinya dapat dilihat dimana saja dan kapan saja.

Dalam mengembangkan berbagai website tersebut waktu yang dibutuhkan adalah selama KPL berlangsung, hal ini dikarenakan setiap mahasiswa juga memiliki berbagai tugas lain yang dikerjakan setiap harinya. “Selama mengerjakan berbagai website tersebut tidak jarang ditemui kesulitan, namun berkat bantuan serta kerjasama dari dosen pembimbing dan juga staff POLTEKPEL Surabaya, website ini dapat terselesaikan” Ujar M Azwar Anas. Setelah KPL selesai mahasiswa berharap website yang dikembangkan dapat menyelesaikan permasalahan dan memberi manfaat yang berkelanjutan (Anas dkk).

author