MAHASISWA TEP 2015 KPL DI PERHUTANI MADIUN

Perhutani (1)

Mahasiswa Kerja dan Praktik Lapangan (KPL) Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan kegiatan KPLdi salah satu Perusahaan Umum yaitu Pusdikbang SDM Perum Perhutani yang terletak di Jl Rimba Mulya No. 11 Kartoharjo, Madiun, Jawa Timur. Mahasiswa PKL ditempatkan di kantor Pusdikbang SDM, kegiatan KPL yang dimulai pada tanggal 23 Juli 2018 hingga 31 Agustus 2018 dan disambut baik oleh pihak Pusdikbang SDM.

Pusdikbang SDM sendiri adalah satu-satunya lembaga milik Perhutani yang bertugas meningkatkan dan mengembangkan kompetensi SDM yang ada melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan berkewajiban menyusun dan menyajikan kurikulum dan silabus yang implementatif bagi pengembangan sumberdaya manusia sesuai dengan kebutuhan riil di lapangan atau satuan organisasi sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya. Lembaga tersebut sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan di bidang pendidikan dan pelatihan.

Selama berada di Pusdikbang SDM Perum Perhutani Madiun, Mahasiswa PKL yang beranggota 6 orang antara lain: Aisyah Ayu Qonita, Benaya Teguh Putra, Dian Pradana, Fahrizal Antovian, Tri Wahyunu A.N dan Zaubaidah Nikolawatin dibimbing oleh Ibu Sri Rohayati S.Hut selaku Kepala Seksi Utama Evaluasi Diklat dan Knowledge Management.  Mahasiswa KPL yang diantar oleh Dosen Pembimbing yaitu Bapak Eka Pramono Adi, S.IP, M.Si, sebagai tanda jika mahasiswa resmi memulai PKL di Pusdikbang SDM.

Perhutani (2)

Pamong memberi mahasiswa 3 tugas yang mengharuskan mahasiswa terbagi menjadi 3 bidang, yaitu bidang Evaluasi Diklat, Kurikulum dan Perpustakaan. Selama disana mahasiswa juga mengikuti beberapa kegiatan yang diadakan oleh Pusdikbang Perhutani. Selama kegiatan mahasiswa mampu menyelesaikan tugas dengan baik meskipun mengalami beberapa kendala. Meskipun mahasiswa belum memiliki kesempatan untuk terjun langsung ketempat pelatihan namun mahasiswa tetap mendapatkan banyak pengalaman selama disana.

Pada akhir KPL yaitu tanggal 31 Agustus 2018, mahasiswa diberi kesempatan untuk memaparkan program kerja serta kendala selama berada di Pusdikbang SDM yang dihadiri oleh beberapa staff seperti widyaiswara, assessment, perencanaan, beberapa orang lainnya serta wakapusdik. Semoga pengalaman serta ilmu yang diperoleh mahasiswa selama berada di pusdikbang dapat menambah wawasan mahasiswa (Zaubaidah dkk).

author