Mahasiswa KPL TEP FIP UM Ciptakan Aplikasi berbasis Android di UPT PK BLK Singosari

Singosari2

Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang (TEP FIP UM) menciptakan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan peserta pelatihan di UPT PK BLK Singosari mengakses materi selama kegiatan pelatihan, hal ini dilakukan oleh mahasiswa TEP FIP UM untuk mengisi kegiatan Kuliah dan Praktik Lapangan (KPL) di lembaga tersebut.

Mahasiswa KPL TEP FIP UM berhasil menciptakan aplikasi berbasis android.”Selain untuk memudahkan peserta pelatihan pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk merapikan modul dan buku sistem informasi yang ada di lembaga tersebut”, Ujar Wahyu selaku ketua KPL.

singosari3

Tampilan Aplikasi yang dikembangkan

Wahyu menambahkan ide pembuatan aplikasi ini muncul dari fenomena anak zaman sekarang yang tidak bisa lepas dengan gadget atau android dibanding buku. Untuk mewujudkan inovasi aplikasi. Wahyu beserta tim KPL senantiasa mendapatkan dukungan dari dosen pembimbing lapangannya.”Berkat kerja keras dari tim, modul pembelajaran yang begitu banyak dapat terselesaikan dan tentunya bimbingan dari Pak Henry selaku dosen lapangan kami”,Ujar Syarif Hidayatulloh salah satu anggota KPL.

Dalam pembuatan aplikasi ini mahasiswa KPL memerlukan waktu kurang lebih 2 minggu, proses pembuatan tidak lepas dari kendala seperti modul materi yang kurang lengkap, koneksi di tempat KPL yang minim, kurang pahamnya tim dalam pembuatan aplikasi ini sehingga kami harus bolak balik ke kampus di sela-sela kegiatan  kami di tempat KPL dan yang lebih membuat kami down waktu itu adalah ada beberapa aplikasi yang sudah dikerjakan tiba-tiba  tidak bisa digunakan.

Singosari1

Proses penyerahan produk aplikasi

Namun, berkat kolaborasi dan pembagian tugas yang sangat apik ini, aplikasi yang direncanakan pun berhasil terwujud. Ditta mengurai, aplikasi yang digagas bersama tim KPL memiliki 3 menu utama yaitu materi berupa modul pelatihan, buku informasi mengenai jurusan dan kolom komentar untuk memberikan kesempatan peserta pelatihan menyampaikan materi yang pelum dipahami (Wahyu dkk).

author