KPL MAHASISWA TEP DI UPT-PK PASURUAN

No comment 67 views

pasuruan (3)

Senin, 23 Juli 2018 mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang resmi melaksanakan Kajian dan Praktik Lapangan atau yang disebut dengan KPL non-keguruan. Sebanyak 7 orang mahasiswa yang tergabung dalam satu kelompok, diantaranya adalah Aldian Boby Mulyono, Ana Mualimah, Dyas Nurika Prastiwi, Gian Perdana Saka Iswara, Intyas Zaharany, Moh. Fahmil Mustafid, dan Nanda Kresna Putra Pratama. Mahasiswa KPL TEP di Unit Pelaksana Teknis – Pelatihan Kerja Pasuruan didampingi oleh Bapak Ence Surahman, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing, serta Ibu Ir. Nushah dan Bapak Drs. R. Bambang Nuryana selaku pembimbing lapangan.

Unit Pelaksana Teknis - Pelatihan Kerja (UPT - PK) Pasuruan merupakan salah satu lembaga yang dipilih mahasiswa Teknologi Pendidikan sebagai tempat Kajian dan Praktik Lapangan (KPL). Unit Pelaksana Teknis - Pelatihan Kerja (UPT - PK) merupakan UPT di bidang pelatihan keterampilan tenaga kerja yang berada dibawah tanggung jawab Kantor Wilayah Departemen Tenaga Kerja (Kanwil Depnaker) Provinsi Jawa Timur dan secara teknis fungsional dibina oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja (Dirjen Binalattas) Departemen Tenaga Kerja Republik Indonesia sampai dengan 2001. Lembaga tersebut sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan di bidang pendidikan dan pelatihan.

Pelaksanaan kegiatan Kajian dan Praktik Lapangan non-keguruan ini terhitung mulai tanggal 23 Juli sampai dengan 31 Agustus 2018, dengan jadwal hari Senin sampai Kamis masuk pukul 07.00, hari Jumat masuk pukul 06.30 karena setiap Jumat pagi dilaksanakan senam pagi. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu kantor libur. Seragam yang dipakai mahasiswa menyesuaikan dengan pegawai dan aturan yang telah ada. Selain menjalankan program kerja yang telah ditentukan, kegiatan mahasiswa bisa dibilang fleksible, apabila pihak Unit Pelaksana Teknis – Pelatihan Kerja Pasuruan membutuhkan bantuan, mahasiswa semaksimal mungkin untuk membantu.

pasuruan (1)

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa antara lain: (1)Membuat media pembelajaran untuk instruktur pelatihan menggunakan aplikasi Microsoft Office Power Point, berjudul Menggambar Pola, Melakukan Prosedur Administrasi, Belajar Secara Efektif dengan Orang Lain, Menangani Pengiriman Surat, Menangani Penerimaan Surat Masuk, Membuat Presentasi, Pelayanan Terhadap Pelanggan, Menghasilkan Dokumen Sederhana, Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan, Melakukan Prosedur K3 Perkantoran, Berkomunikasi Lisan dalam Bahasa Inggris Tingkat Operasional Dasar, Mengelola Kas Kecil; (2)Membuat media presentasi (membantu pegawai) dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Power Point, berjudul Budaya Kerja, Ketenagakerjaan, dan Kewirausahaan, serta membantu kegiatan lainnya di luar konteks Teknologi Pendidikan.

pasuruan (2)

Di hari terakhir pelaksanaan Kajian dan Praktik Lapangan  di Unit Pelaksana Teknis – Pelatihan Kerja Pasuruan mahasiswa dan Dosen Pembimbing berpamitan serta mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang karena telah diperbolehkan melaksanakan KPL guna menambah pengalaman ketika mahasiswa terjun ke dunia kerja kelak. (Dias dkk)

author