Preaload Image

Mahasiswa TEP Laksanakan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Untuk Mendukung SDGs 4 dan 12

 

Dalam rangka praktikum kuliah Evaluasi Program Diklat salah satu kelompok yang bernama Lembaga Diklat Seventh Group laksanakan pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline yang diselenggarakan secara virtual training melalui Zoom pada  Rabu, 01 November 2023 dan Jumat, 03 November 2023 pada pukul 13.30 WIB. Kelompok ini beranggotakan Titus Agung Bastian sebagai ketua pelaksana, Imania Ganistya Putri sebagai moderator, Nasa Izza Aqillah Nur Farikh sebagai pemonev peserta diklat, Charenza Deva sebagai bendahara, dan Gesang Surya Pangestu sebagai operator, ada juga Chandrina Damayanti S sebagai pemateri, kami juga mendapatkan bantuan dari Rico Kurnia Ananda sebagai operator sukarela. Mereka rumah bu melakukan Zoom meeting di Rumah BUMN Kota Malang di Jl. Raya Langsep No.2 – 4, Bareng, Kec. Klojen. Hal itu dilakukan untuk memudahkan koordinasi antar personal dan tim.

Pelatihan ini dihadiri sebanyak 52 peserta yang kebanyakan berasal dari kalangan mahasiswa calon dan guru dan beberapa guru yang berminat dengan materi pelatihannya. Susunan acara pelatihan dimulai dengan pembukaan, sambutan dari ketua panitia, sambutan dan pembukaan dari dosen, lalu sesi pematerian, ice breaking, penugasan, pengumpulan dan penilaian tugas serta penutupan.

Ketua panitia menyebutkan bahwa program pelatihan ini diadakan karena kebanyakan Lembaga Pendidikan PAUD yang masih menggunakan cara tradisional dalam menyampaikan pembelajaran kepada anak usia dini, ini mengakibatkan peserta didik merasa bosan sehingga materi kurang dapat diterima dengan baik. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan terlebih di era teknologi seperti saat ini, dan diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini guru PAUD dapat membuat media pembelajaran yang menyenangkan menggunakan software Articulate Storyline secara mandiri.

Selain itu program pelatihan ini diadakan karena masih ditemukan informasi bahwa beberapa guru PAUD masih menggunakan cara tradisional dalam menyampaikan pembelajaran kepada anak usia dini, ini mengakibatkan peserta didik kurang antusias sehingga materi kurang dapat diterima dengan baik. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan terlebih di era teknologi seperti saat ini, dan diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini guru PAUD dapat membuat media pembelajaran yang menyenangkan menggunakan software Articulate Storyline secara mandiri.

Di samping itu pemanfaatan multimedia interaktif yang notabene berbasis digital juga menjadi wujud dari upaya untuk mengurangi produksi dan penggunaan barang fisik, yang selain dapat mengurangi ruang dan berpotensi menimbulkan sampah pada saat media sudah tidak bisa difungsikan lagi. Dengan pemenfaatan media digital maka akan lebih praktis dan memiliki tingkat guna jangka panjang.

Dalam sambutannya Ence Surahman, S.Pd., M.Pd., Ph.D (dosen pengampu mata kuliah) menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan tugas dari kuliah Evaluasi Program Diklat. “Bapak Ibu peserta yang berbahagia, pelatihan ini merupakan praktikum dari perkuliahan Evaluasi Program Diklat, para mahasiswa kami di TEP FIP UM dibekali pengetahuan dan keterangan nyata dalam menentukan analisis kebutuhan diklat, merancang kurikulum dan desain program diklat, modul dan bahan tayang diklat, buku evaluasi diklat termasuk praktikum dan laporannya. Untuk itu selamat mengikuti dan semoga mendapatkan banyak pengalaman berharga”.

Saat sesi pematerian, Chandrina Damayanti Setiasih menjelaskan materi tentang konsep dan prinsip multimedia pembelajaran, kemudian secara teknis demonstratif tentang bagaimana cara membuat media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline. Setelah sesi materi, para peserta diberikan penugasan untuk membuat media pembelajaran menggunakan software yang telah dilatihkan, kemudian dikumpulkan dan dinilai oleh panitia. Acara penutupan dilakukan oleh panitia bersama peserta pada Jum’at, 3 November 2023.  (Kontributor: Titus, Charenza, Imania, Gesang, dan Nasa, Editor: Nc-TEP)

 

Translate »