Preaload Image

FKMA TEP UM Gelar Seminar Nasional #3 Strategi Pembelajaran Masa Depan

 

Forum Komunikasi Mahasiswa dan Alumni (FKMA) S3 TEP Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran seri ke 3 tahun 2023 dengan mengangkat tema “Strategi Pembelajaran Masa Depan: Arah Baru Untuk Pembelajaran”. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 9 November 2023 jam 7.30-12.30 WIB secara blended yakni sesi online dan offline. Acara dihadiri oleh dekan, ketua departemen TEP, para dosen TEP UM, pengurus FKMA, para pemateri dan para peserta baik dari kalangan mahasiswa dan umum. Selain itu kegiatan seminar dihadiri lebih dari 120 peserta online dan  jumlah yang sama untuk sesi offline yang hadir secara langsung di ruang seminar A20 UM. Sesi online dengan menghadirkan dua guru besar Bidang Teknologi Pembelajaran dari UNESA dan UNDIKSHA yakni Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., dan Prof. Dr. Ni Nyoman Parwati, M.Pd. Masing-masing memaparkan hasil penelitian terbarunya seputar inovasi strategi pembelajaran untuk mendukung pembelajaran masa depan seperti Case-Based Learning dan Probject-Based Learning. Kedua pemateri hadir secara online dari lokasinya masing-masing. Antuasiasme para peserta nampak dari awal sesi ketika menyimak pemaparan materi dan pada waktu memasuki sesi tanya jawab dengan pemateri.

Adapun sesi offline menghadirkan 3 pembicara yang datang secara langsung yakni Prof. Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd dan Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd dari Universitas Negeri Malang, dan Prof. Dr. Demitra, M.Pd dari Universitas Palangkaraya. Masing-masing pemateri menyajikan materinya berdasarkan penelitian terbarunya, misalnya Prof. Dr. Dedi mengangkat topik tentang implementasi nilai-nilai pendidikan dari Ki Hadjar Dewantara. Kemudian Prof. Degeng membahas tentang pendidikan yang penuh cinta, kemudian Prof. Demitra menyajikan pengalamannya dalam mengangkat nilai-nilai lokal masyarakat setempat untuk mendorong pembelajaran kolaboratif. Para peserta dari awal hingga akhir nampak antusias karena selain bisa menyimak materinya juga bisa bertemu dengan para alumni yang sudah menjadi pakar teknologi pendidikan di tempat kerjanya masing-masing. Hal ini sangat baik untuk membangun jejaring komunikasi antara alumni dan yang masih menjadi mahasiswa di Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang.

Agenda seminar nasional seri 3 ini juga mengundang para peserta untuk mensubmit dan mempresentasikan makalahnya. Artikel terpilih akan dipublikasikan pada beberapa jurnal yang sudah bekerjasama dengan panitia seperti Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, dan lain-lain. Selain itu juga makalah akan diterbitkan dalam bentuk buku prosiding seminar yang ber-ISBN. Karena acaranya juga ditayangkan via YouTube Departemen Teknologi Pendidikan, maka bagia para pembaca yang tidak sempat hadir pada pelaksanaannya, dapat menyimak paparan semua para pemateri melalui link YouTube berikut https://www.youtube.com/live/W7P-p0a3UFA?si=-bpZIGNdU3dFMe7h (Nc-TEP UM).

 

Translate »