Berkat RSF Mahasiswa TEP FIP UM Raih Juara 3 Ajang Pilmapres UM 2018

Fitrah

Sumber: Dokumentasi @imapres.um

Malang. Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Negeri Malang (Pilmapres UM) 2018 merupakan sebuah ajang bergengsi tahunan yang berlangsung dengan megah dan meriah. Bertempat di Graha Cakrawala-UM (21/3) sebanyak 27 Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) program sarjana dan diploma siap untuk menampilkan yang terbaik di hadapan dewan juri dan penonton.

Sorak sorai dari supporter membahana mewarnai sepanjang jalannya acara untuk memberikan dukungan dan semangat kepada para finalis. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, acara Pilmapres dimulai pada pukul 19.00 WIB. Ibu Henny Kusdianti selaku Ketua Pelaksana Pilmapres 2018 mengungkapkan berbagai proses seleksi dan pembekalan yang telah dilalui finalis Mawapres UM 2018 hingga ke tahap Grand Final, "para finalis memiliki potensi yang luar biasa, mereka merupakan pemenang karena sudah lolos dari beribu-ribu mahasiswa yang ada di Universitas Negeri Malang ini," jelasnya. Di lain sambutan yang disampaikan oleh Bapak Syamsul Hadi selaku Wakil Rektor III menyatakan jika Pilmapres tidak hanya sebuah ceremony, "tidak hanya jadi penonton, supporter, dan saksi sejarah malam ini, tapi tahun depan para penonton disini menjadi orang-orang terbaik di Universitas Negeri Malang ini," ungkapnya dengan lantang.

Tampil dengan mengenakan pakaian adat daerah di Indonesia, setiap finalis mulai dengan memperkenalkan diri melalui tampilan video singkat. Setiap dari mereka merupakan perwakilan terbaik dari fakultas. Suasana tegang menanti pengumuman Mawapres UM 2018 semakin bertambah riuh seiring berjalannya acara menuju inti.

grandfinal

Sumber: Dokumentasi Panitia

Seleksi dimulai dengan pengumuman peringkat tingkat fakultas. Riuh penonton semakin membahana dan suasana semakin tegang dengan tersisanya 11 finalis terbaik yang terdiri dari 8 finalis program sarjana dan 3 program diploma. Menuju tahap selanjutnya, para finalis dipersilahkan untuk mempresentasikan karya inovasi mereka dalam waktu 2 menit. Antusiasme finalis untuk menjadi yang terbaik semakin muncul selama tahapan ini dan dukungan supporter senantiasa mengiringi akhir penampilan dengan meriah.

Dalam mega acara ini juga hadir Atlesta sebagai Guest Star yang sejenak kembali mencairkan suasana tegang menanti sosok mahasiswa yang akan muncul sebagai Mawapres UM 2018. Lagu bertajuk Pure Fantasy oleh Atlesta akhirnya menjadi penghujung penampilan mereka sekaligus pembuka untuk penentuan 6 finalis terbaik.

Semakin menjelang tengah malam, suara riuh dukungan supporter masih membahana memenuhi penjuru Graha Cakrawala. Menuju tahap akhir yang terdiri dari 6 finalis, setiap dari mereka dihadapkan dengan sebuah pertanyaan acak dan menjawabnya hanya dalam 30 detik.

Menuju acara puncak, satu demi persatu nominasi diumumkan, mulai dari supporter Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sebagai supporter terheboh, Sendy Hanggarawan dari Fakultas Teknik (FT) sebagai Mawapres Favorit UM, dan Dedek Handayani dari FIP sebagai Mawapres Berbakat UM.

Suasana mendebarkan semakin terasa menuju diumumkannya Mawapres UM 2018 dan penonton masih bersemangat untuk mendukung para finalis. Hingga tiba akhirnya diumumkannya Mawapres UM 2018 yang diiringi riuh penonton. Dari program sarjana Indra Febrianto dari Fakultas Ekonomi (FE) hadir sebagai Mawapres 1 UM, Feri Kurniawan dari Fakultas Teknik (FT) sebagai Mawapres 2 UM, dan Fitrah Izul Falaq dari Fakultas Ilmu Pendidikan sebagai Mawapres 3 UM. Adapun untuk program diploma Mawapres 1 UM diraih oleh Yusuf Mahesa.

Fitrah Izul Falaq merupakan mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2016. mengusung Judul Karya Tulis tentang Renewable Solar Flipcover (RSF) Mega Proyek Pengembangan Flipcover Tenaga Suraya Sebagai Catu Daya Portable yang Ramah Lingkungan. Gagasan tersebut sebagai upaya mengatasi ketergantungan daya HP dan mobile device lainnya.

RSF

Sumber: Dokumentasi @imapres.um

Riuh tepuk tangan penonton semakin meramaikan proses pemberian penghargaan kepada pemenang. Suasana bahagia dan pemberian selamat terucapkan di setiap penjuru Graha Cakrawala. Akhirnya pemberian pidato kemenangan dari Indra dan Yusuf menjadi penutup kemegahan dan kemeriahan acara Grand Final Pilmapres UM 2018.

Penulis : Said Maulana Ibrahim & Andita Eka Wahyuni - Intern Humas UM
Fotografer : Agus Arifin Wijaya & Desy Bryyatul Qibriyah - Intern Humas UM

Sumber: http://www.um.ac.id/content/page/2/2018/03/pilmapres-um-wahana-berprestasi-mencetak-generasi-emas
Sumber Gambar @imapres.um https://www.instagram.com/p/Bg6ADyojdj8/

author