Preaload Image

Rekonstruksi Kurikulum Program Studi S2 dan S3 Teknologi Pembelajaran untuk SDGs 4

Malang, Jawa Timur. Dalam rangka meningkatkan mutu dan relevansi kurikulum program studi dengan kebijakan terbaru pemerintah republik Indonesia dalam Permendikbud Ristek No 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Departemen Teknologi Pendidikan (TEP), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan agenda rekonstruksi kurikulum S2 dan S3 Teknologi Pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis-Jum’at, 27-28 Juni 2024 bertempat di Klub Bunga Butik Resort Batu yang beralamat di  Jl. Kartika No.1, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314. Kegiatan rekonstruksi kurikulum dilaksanakan secara serempak bersama seluruh departemen di Fakultas Ilmu Pendidikan.

Kegiatan dihadiri oleh para pimpinan fakultas, departemen, UPM, tata usaha dan para dosen serta tendik di seluruh departemen. Adapun perwakilan dari Departemen TEP antara lain Kepala Departemen Dr. Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd, Program Studi S2 dan S3 TEP Dr. Made Duananda Kartika Degeng, S.Pd., M.Pd, kemudian para dosen guru besar Prof. Dr. I Nyoman Sudana D., M.Pd, Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M.Pd, M.Ed, Prof. Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd, dan para dosen Ence Surahman, M.Pd, Ph.D, Dr. Citra Kurniawan, S.T., M.M, Dr. Deka Dyah Utami, M.Pd, Dr. Otto Fajarianto, M.Kom, Yulias Prihatmoko, S.Pd., M.Pd.

Agenda rekonstruksi kurikulum dimulai dengan penyamaan persepsi tentang struktur kurikulum UM yang disampaikan oleh Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (PKP) Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LPPP) UM Prof. Dr. Lia Yuliati, M.Pd. Selanjutnya penyampaian materi teknis pengunggahan RPS dan rencana evaluasi baru ke sistem akademik universitas yang disampaikan oleh Arrijal Nagara Yanottama, S.Kom, M. Kom Sub Koordinator Tata Usaha, UPT PTIK UM. Agenda berikutnya adalah penyamaan persepsi tentang penyusunan e-katalog kurikulum departemen yang disampaikan oleh Ibu WD1 Dr. Sri Wahyuni, M.Pd. dan Ketua Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Zamroni, S.Psi, M.Pd.

Selanjutnya para peserta workshop ditugaskan untuk mengerjakan tiga tagihan yakni kurikulum, RPS dan lembar evaluasi serta e-katalog departemen yang dilaksanakan sampai pukul 23.00 WIB. Berikuntya pada Jum’at pagi para peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan laporan progres pekerjaan dari masing-masing departemen. Hasil produk rekonstruksi kurikulum, RPS, lembar evaluasi dan e-katalog kurikulum dikumpulkan ke fakultas untuk diinventarisasi dan diunggah diwebsite sebagai bahan komunikasi ke publik sehingga para stakeholder dan calon mahasiswa dapat dengan mudah mengakses informasi seputar kurikulum terbaru di masing-masing program studi. Hal ini sejalan dengan upaya capaian Sustainable Development Goals (SDGs) No 4 tentang pendidikan berkualitas (Kontributor: Nc-TEP)

Translate »