Preaload Image

TEP Selenggarakan Kuliah Tamu Internasional Instructional Design in Education bersama Dosen Universiti Kebangsaan Malaysia untuk SDGs 4 dan 17

Malang, Jawa Timur. Dalam rangka memperluas cakrawala pengetahuan para civitas akademika baik dosen dan mahasiswa, Departemen Teknologi Pendidikan (TEP), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu internasional sesi dua pada Jum’at, 28 Juni 2024 pada jam 14.00-15.30 WIB secara daring menggunakan zoom meeting. Yang bertindak sebagai dosen tamu pada sesi 2 ini sama dengan pada sesi 1 dua hari lalu yakni Assoc. Dr. Fariza Khalid dari Faculty of Education, Universiti Kebangsaan Malaysia.

Dr. Fariza Khalid merupakan salah satu pengajar senior di Fakulti Pendidikan Universitas Kebangsaan Malaysia yang mendapatkan gelar PhD dari University of Nottingham pada are Instructional Technology. Saat ini menjabat sebagai Deputy Director (Academic and Program Advancement) at the Center of Shaping Advanced and Professional Education (UKMShape). Beliau juga merupakan life member of the Qualitative Research Association of Malaysia (QRAM), theInternational Association for Development of Information Society (IADIS), and Informing ScienceInstitute (ISI). Bidang kepakarannya mencakup online communities of practice, augmented reality for educational purposes, cybersecurity awareness, and Open & Distance Learning.

Agenda kuliah tamu dibuka oleh MC Nunung Nindigraha, S.Pd., M.Pd dosen baru Teknologi Pendidikan, kemudian di moderatori oleh salah satu dosen Kurikulum TEP yakni Dr. Fikri Aulia, M.Pd. Pada sesi 2 ini nara sumber secara khusus membahas materi tentang Instructional Design in Education yang merupakan salah satu keterampilan inti yang harus dikuasai oleh para lulus TEP baik di jenjang S1, S2 dan S3 sesuai dengan tingkat kedalaman dan variasi aplikasinya masing-masing.

Dalam materinya, Dr. Fariza menjelaskan materi tentang konsep dari instructional design dari berbagai pendapat ahli, kemudian siapa saja yang menjadi perancang pembelajaran, serta fungsi utama dari instructional desain. Menurutnya, perancang pembelajaran ibarat arsitek, atau direktur yang merancang semua kegiatan dan lingkungan belajar yang berorientasi pada upaya mengatasi masalah pembelajaran. Dalam materinya, Dr. Fariza menekankan bahwa kemampuan instructional design merupakan kemampuan kunci bagi para teknolog pembelajaran, karena aplikasinya bisa sangat membantu bagaimana para pengajar dalam merancang kegiatan belajar yang bermakna.

Agenda kuliah tamu diikuti kurang lebih 64 peserta yang kebanyakan dari kalangan mahasiswa program sarjana, master dan doktor. Secara umum agenda kuliah tamu berjalan lancar dan komunikatif, para peserta menyimak dengan baik serta terlibat aktif dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab. Pada sesi penutup rangkaian kegiatan kuliah tamu internasional, secara resmi kegiatan ditutup dengan pembacaan pantunoleh Ketua Departemen Teknologi Pendidikan FIP UM Dr. Henry Praherdhiono, M.Pd (Kontributor: Nc-TEP .

Translate Ā»