Preaload Image

Asrul Hanafiah Bin Mokhsen Mahasiswa Asing Program Non Degree TEP FIP UM dari Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS)

Malang, Jawa Timur. Dalam rangka mendorong internasionalisasi program studi dan institusi, setiap departemen di Universitas Negeri Malang, diberikan keleluasaan untuk menjaring calon mahasiswa asing baik melalui program degree maupun non degree. Di tahun 2024 di Fakultas Ilmu Pendidikan terdapat 3 mahasiswa asing 2 dari Malaysia dan 1 dari Philiphina. Salah satunya mendaftar di Departemen Teknologi Pendidikan FIP UM atas nama Asrul Hanafiah Bin Mokhsen yang merupakan mahasiswa magister dari Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS).

Program non degree yang diikuti oleh Asrul adalah International Inbound Mobility Research (IIRM) yang dilaksanakan selama 9 hari pada 22-31 Mei 2024. Dalam praktiknya yang bersangkutan mengikuti beberapa kegiatan baik kegiatan akademik maupun non akademik seperti ikut kuliah, diskusi akademik, menulis proposal penelitian, menyimak pemaparan tentang kajian pustaka dan metode penelitian, dan kegiatan edukasi sosial dalam bentuk kegiatan kunjungan masyarakat adat Sri Gadhing, dan kegiatan field trip ke Gunung Bromo. 

Berdasarkan data riwayat perjalanan Asrul, program mahasiswa asing non gelar ini dapat di konversi pada mata kuliah tertentu, dalam konteks Asrul pada mata kuliah Human Resource Development, selain itu dalam laporannya yang bersangkutan menargetkan satu publikasi pada jurnal Scopus International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), dengan judul artikel The Impact of Transformational Leadership on Work Engagement: Mediating Effects of Job Crafting Through Playful Learning
3.

Program kegiatan mahasiswa asing merupakan salah satu program yang menjadi kontrak kinerja setiap departemen dengan pimpinan di universitas, hal ini sejalan dengan semangat untuk membuka cakrawala lembaga di kancah internasional. Jumlah mahasiswa asing yang hadir menunjukan daya tarik lembaga di mata asing. Hal ini juga merupakan bagian dari perencanaan dan target lembaga untuk membuka kelas internasional di tahun ajaran baru 2024 (Kontributor: Nc).

 

 

 

Translate »