Preaload Image

TEP UM Gelar Studium Generale Dosen Praktisi Teknologi Pendidikan Untuk Mendukung SDGs 4

Malang, Jawa Timur. Dalam rangka mendorong keterlaksanaan program praktisi mengajar, Departemen Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Malang melaksanakan Studium Generale dengan tema trend riset teknologi pendidikan terbaru dan pengembangan kurikulum disruptif. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Seminar Gedung Kuliah Bersama A20 UM pada Rabu, 22 Mei 2024 jam 08.00-12.00 WIB. Kegiatan ini bersamaan dengan agenda kunjungan kerjasama dari Sekolah Pascasarjana Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut. Agenda dihadiri oleh sekitar 107 peserta yang terdiri dari unsur dosen, dan mahasiwa baik dari UM maupun dari IPI.

Studium Generale di moderatori oleh Dr. Fikri Aulia, M.Pd salah satu dosen di TEP. Studium Generale disampaikan oleh dua nara sumber. Sesi Studium Generale pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Deni Darmawan, S.Pd.,M.Si.,M.Kom.,MCE. dari IPI Garut. Prof. Deni merupakan ketua Program Studi S2 Teknologi Pendidikan SPSs IPI. Dalam materinya beliau mengulas tentang implementasi digital learning dan tantangan technology disruption dalam pendidikan. Secara khusus Prof. Deni mengupas tentang temuan dari riset multi tahunnya yakni Virtual Community Digital Learning Nusantara (VCDLN). Selain itu beliau juga menjelaskan tentang bagaimana perkembangan AI, machine learning, deep learning dalam praktik pembelajaran yang mengharuskan perhatian dari para guru agar tetap pada koridor pedagodis dan praktik etik akademik yang berintegritas.

Sesi Studium Generale dosen praktisi yang kedua disampaikan oleh Dr. Siti Aisyah, M.Pd. Dr. Aisyah merupakan dosen praktisi mengajar di mata kuliah Dr. Fiktri Aulia yakni mata kuliah Kurikulum Disruptif. Dr. Aisyah juga merupakan praktisi pendidikan dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi Jawa Barat. Secara khusus beliau menjelaskan tentang paradigma pembelajaran berpusat kepada peserta didik. Selain itu beliau menekankan tentang pentingnya grow mindset dari para guru agar terus maju dan selalu berpegangan pada praktik pembelarajan yang inovatif.

Kedua nara sumber menyampaikan materi dengan penuh semangat dan mengundang antusias dari para peserta. Hal itu terlihat dari komunikasi multi arah antara dosen tamu dan para peserta. Beberapa peserta terlibat dalam tanya jawab dan diskusi dengan kedua narasumber.

Selain sesi materi dari para nara sumber, kegiatan Studium Generale juga menghadirkan sesi sharing pengalaman penelitian dari para mahasiswa. Agenda ini bertujuan untuk transfer of knowledge tentang perkembangan riset khususnya dalam bidang teknologi pendidikan. Hal ini sejalan dengan semangat Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya SDGs no 4 tentang pendidikan berkualitas (Kontributor: Nc-TEP, Photo: Kevin).        

Translate »