Workshop Pengembangan Kurikulum Jurusan TEP

No comment 220 views

Malang, 16/10/2019. Dalam rangka mengikuti standar pendidikan perguruan tinggi khususnya dalam hal memastikan mutu pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkualifikasi, jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang melaksanakan kegiatan workshop pengembangan kurikulum jurusan TEP. Kegiatan workshop dilaksanakan hari Rabu, 16 Oktober 2019 jam 08.00-16.00 WIB bertempat di ruang rapat Hotel Aria Gajayana Malang. Kegiatan dihadiri oleh seluruh dosen baik jenjang S1, S2 dan S3.

Pengembangan kurikulum dilaksanakan dalam rangka sinkronisasi kurikulum jenjang S1, S2 dan S3 yang sudah masuk dalam satu rumah jurusan TEP. Sejak tahun 2019 UM memiliki kebijakan dimana semua program studi pascasarjana dialihkan jurusan masing-masing yang dikelola oleh masing-masing fakultas. Tahun 2018 jurusan TEP sudah mengembangkan kurikulum untuk jenjang S1 dan sudah mulai diimplementasikan. Saat ini jurusan harus memperbaharui kurikulum S2 dan S3.

Kebijakan dalam pengembangan kurikulum didasarkan pada standar Association for Educational Communication and Technology (AECT), dan standar Kerangka Kualifikasi Negara Indonesia (KKNI). Hasil pengembangan kurikulum bermanfaat untuk kelengkapan borang akreditasi prodi S2 dan S3 TEP yang harus sudah menggunakan instrumen baru (9 kriteria). Di samping itu kaitannya dengan inovasi pembelajaran UM, maka kurikulum yang dihasilkan dapat digunakan untuk kebutuhan kelengkapan deskripsi mata kuliah untuk dapat disajikan dalam Sistem Pengelolaan Pembelajaran (SIPEJAR). Nc

author