SILATURAHIM DALAM RANGKA PURNATUGAS DR. SIHKABUDEN, M.PD

Malang 21/12/2018. Bertempat di Harmony Cafe and Resto, Keluarga besar Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang melaksanakan agenda silaturahim dalam rangka perpisahan salah satu dosen yang purnatugas yakni Dr. Sihkabuden, M.Pd. Beliau sudah mengabdi di Universitas Negeri Malang selama kurang lebih 38 tahun sejak 1980 sampai 2018. Selama masa baktinya beliau sudah mengajar ribuan mahasiswa baik jenjang S1, S2, S3 maupun program profesi.

Acara pelepasan secara formal dipimpin oleh Dr.Sulthoni, M.Pd selaku ketua jurusan TEP FIP UM. Ketua jurusan mewakili seluruh keluarga besar TEP mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang sudah diemban selama ini dan tentu saja track recordnya menjadi teladan para penerusnya. “Kami mengenal beliau sebagai orang yang selalu menjaga amanahnya sebagai Dosen, hal ini ditunjukkan dengan ketertiban beliau saat mengajar. Walaupun memiliki jumlah SKS mengajar paling banyak di setiap semester yang masih dibarengi dengan tugas lain seperti sebagai fasilitator di LP3 beliau selalu dapat membagi waktunya dengan baik. Di mata mahasiswa beliau adalah orang yang disiplin, tertib, berwibawa dan rapi. Cara mengajar beliau yang khas dan jelas dapat selalu memberi pemahaman kepada seluruh mahasiswa pada materi yang disampaikan” ungkap Ketua Jurusan.

Selain itu Dr.Sulton, M.Pd  salah satu dosen TEP yang  baru saja selesai mengemban amanah sebagai ketua LP3 UM juga mengungkapkan rasa syukur bahwa Dr. Sihkabuden di masa paripurnanya masih diberi kesehatan. Tentu saja hal tersebut karena beliau selalu berusaha menjalani pola hidup sehat dengan makan cukup dan tidak berlebihan.

Selanjutnya Dr. Sihkabuden yang ditemani istrinya mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada jurusan TEP dan meminta maaf jika selama ini ada kesalahan yang pernah dilakukan. “Saya secara pribadi dan keluarga menyampaikan terimakasih kepada Jurusan Teknologi Pendidikan FIP UM yang telah menjadi bagian dari kehidupan kami, semoga jurusan semakin maju dan semoga kekeluargaan kita akan kekal abadi” ungkapnya singkat.

Acara berjalan mengharukan, namun kami tidak ingin ini menjadi suatu acara perpisahan karena kita semua adalah keluarga. Tentu saja di acara pertemuan rutin  yang diadakan jurusan TEP kami masih sangat mengharapkan kehadiran beliau. Acara di tutup dengan penyerahan bingkisan dari Jurusan TEP. Selanjutnya doa bersama yang dipimpin oleh Sekretaris Jurusan Dr. Agus Wedi, M.Pd. Terima kasih Bapak Sihkabuden, semoga apa yang Bapak berikan untuk UM khususnya Jurusan Teknologi Pendidikan memberi kebermanfaatan bagi kita semua. Semoga selalu diberi kesehatan dan keberkahan. Kami tidak mampu membalas setiap pengorbanan dan jerih payah Bapak namun doa kami selalu mengharap kebaikan untuk Bapak Sihkabuden dan keluarga.

Pada sebagian sesi, Ketua Jurusan menyampaikan beberapa hal seperti pemantapan Kurikulum Berbasis Kehidupan yang akan dilaksanakan pada semester genap. Selain itu, tentang transfer credit mahasiswa sebagai bentuk kerjasama UM dengan Prince of Songkla University (PSU) Thailand. Tahun 2019 FIP UM mengirim dua mahasiswa salah satunya mahasiswa TEP yang bernama Fabiola Irsalina dan dua mahasiswa PSU Thailand yang akan kuliah di Jurusan TEP. Dalam rangka menyambut kedatangan mahasiswa asing tersebut maka para dosen diminta mempersiapkan sebaik mungkin baik dalam hal materi maupun bahasa pengantar perkuliahan.

Pada sesi akhir Ketua Jurusan menyampaikan terimakasih atas kerjasama dan dedikasinya selama beliau menjabat sebagai ketua jurusan. “pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan terimakasih kepada bapak/ibu dosen yang telah bekerjakeras untuk membawa jurusan lebih besar, saya menjabat selama empat tahun, alhamdulillah akreditasi jurusan memperoleh A dengan skor tertinggi se-UM. Sebentar lagi kita akan memiliki ketua jurusan yang baru, semoga jurusan semakin jaya” pungkasnya. (Ike/Nc)

author