SEMINAR DAN REVIEW HASIL KAJIAN DAN PRAKTIK LAPANGAN 2019

Malang, 27/11/2019. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Seminar dan Review Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) bagi mahasiswa angkatan 2016. Kegiatan seminar dilaksanakan di Aula E1 FIP UM. Seminar hasil KPL dilaksanakan bertujuan untuk memfasilitasi para praktikkan KPL untuk menyajikan hasil kegiatan yang mereka lakukan selama KPL. Selain itu seminar hasil KPL juga dilaksanakan dalam rangka memberikan gambaran umum kepada para mahasiswa angkatan berikutnya (2017) yang akan melaksanakan KPL pada tahun 2020.

Kegiatan seminar KPL dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jurusan Bapak Eka Pramono Adi, S.IP., M.Si., dan dihadiri oleh para dosen pembimbing KPL, mahasiswa praktikkan KPL dan mahasiswaangkatan 2017. Dalam sambutannya Sekjur menyampaikan bahwa seminar hasil merupakan agenda rutin sebagai tindak lanjut bagi para praktikkan KPL dan sebagai sarana menyerap aspirasi untuk jurusan. “Kegiatan ini bertujuan untuk menggali informasi tentang pelaksanaan KPL pada masing-masing lembaga yang menjadi mitra kita, di samping itu seminar KPL dapat menjadi gambaran apakah tahun depan masih direkomendasikan untuk dipilih atau tidak. Namun yang lebih penting untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa angkatan 2017 yang akan melaksanakan KPL tahun depan” ungkapnya.

Setelah dibuka secara resmi, selanjutnya penyajian secara bergiliran dari masing-masing kelompok yang dipandu oleh Bapak Drs. Zainul Abidin, M.Pd selaku Ketua Laboratorium Jurusan Teknologi Pendidikan. Para praktikkan secara bergantian menyampaikan program-program yang telah dilakukan, hambatan dan masalah yang muncul selama mengikuti kegiatan, solusi memecahkan masalah, kesan dan pesan selama kegiatan, dan rekomendasi untuk calon praktikkan selanjutnya. Masing-masing kelompok menyajikan hasil laporannya antara 10-15 menit.

Para audiens terlihat sangat antusias menyimak satu demi satu laporan dari kelompok praktikkan. Hal itu dikarenakan masing-masing kelompok dapat menyajikan pengalaman selama dilapangan dengan sangat menarik. Masing-masing melaksanakan program yang sangat relevan dengan bidang keilmuannya seperti pengembangan inovasi media pembelajaran, pengembangan profil lembaga baik dalam bentuk web maupun video, pengembangan bahan tayang pelatihan, pengolahan data hasil pelatihan dan lain-lain sesuai dengan karakter lembaga yang dijadikan mitra KPLnya. (Nc)

 

author