Rombongan Dosen TEP UM Hadiri Temu Kolegial APS TPI ke-IV

dosen TEP di Temu Kolegial 4

 

Serang-Banten(24/10/2018). Rombongan dosen Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang menghadiri kegiatan Temu Kolegial tahunan Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS-TPI) ke-IV di Universitas Sultan Agung Tirtayasa (UNTIRTA) Banten. Rombongan berangkat dari Malang pada Selasa pagi dan sampai di lokasi pada pukul 13.30 WIB.

Rombongan yang berangkat sebanyak 15 orang terdiri dari 13 dosen dan 2 tenaga kependidikan. Jumlah tersebut sekaligus yang terbanyak setelah rombongan dari tuan rumah. Adapun nama-nama dosen yang berangkat diantaranya: Dr. Sulthoni, M.Pd (Ketua Jurusan), Dr. Agus Wedi, M.Pd (Sekretaris Jurusan), Eka Pramono Adi, M.Si (Kepala Lab), Dr. Sihkabuden, M.Pd, Dr. Anselmus JE Toenlioe, M.Pd, Drs. Zainul Abidin, M.Pd, Dra. Susilaningsih, M.Pd, Dr. Henry Praherdhiono, M.Pd, Arafah Husna, S.Pd, M.Med.Kom, Yerry Soepriyanto, S.T., M.T, Taufik Ikhsan Slamet, S.Pd., M.Pd, Ence Surahman, S.Pd.,  M.Pd, Herlina Ike Oktaviani, S.Pd., M.Pd, Yulias Prihatomoko, S.Pd., M.Pd., Nunung Nindigraha, S.Pd. Selain dosen dan Tendik TEP UM juga mengirimkan delegasi dari perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ TEP) atas nama Yudha Pradana mahasiswa TEP angkatan 2017.

Para peserta rombongan berpartisipasi aktif dalam semua agenda kegiatan sembari berjejaring dengan delegasi rombongan dari kampus lain. Pada hari pertama dilaksanakan dua kegiatan yakni kelas visiting lecture dalam hal ini Dr. Henry Praherdhioni, M.Pd mewakili rombongan UM menyampaikan kuliah tamu. Agenda kedua yakni agenda welcome party yang dilaksanakan Selasa malam.

Agenda pada hari Rabu merupakan inti agenda temu kolegial, dimulai dari sharing pemikiran untuk pengembangan prodi TEP se-Indonesia baik dari sisi inovasi kurikulum, peningkatan SDM dosen dan mahasiswa serta adaptasi keilmuan TEP dalam memasuki Era Indutri 4.0. Dilanjutkan agenda pemilihan Ketua APS-TPI untuk periode 2018-2021 yang kembali terpilih ketua sebelumnya yakni Dr. Rudi Susilana, M.Si dari KTP UPI.

Agenda pada hari Kamis berupa kegiatan seminar nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Sultan Agung Tirtayasa bekerjasama dengan Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia.

all partisipan

Rombongan akan bertolak ke Malang pada Kamis petang dari Bandara International Soekarno Hatta menuju Bandara Djuanda Surabaya. Sebenarnya hari Jumat masih ada kegiatan City Tour di Serang Banten, namun karena fakultas memiliki hajat kegiatan International Conference of Education and Technology (ICET 4), dan beberapa dosen jadi panitia serta presenter akhirnya rombongan memutuskan pulang lebih awal dari rancangan agenda yang telah disiapkan.

Berdasarkan hasil musyawarah APS TPI diperoleh beberapa kesepakatan, diantaranya: 1) Ketua APS TPI untuk periode 2018-2021 adalah Dr. Rudi Susilana, M.Si, 2) penyelenggaraan Temu Kolegial ke-V tahun 2019 direncanakan akan dilaksanakan di Universitas Negeri Padang, 3) akan ada tindaklanjut untuk membahas inovasi kurikulum sesuai kebutuhan tuntutan era industri 4.0, 4) akan dilakukan kerjasama semua organisasi profesi baik APS TPI, IPTPI, APTPI, termasuk Ikatan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Seluruh Indonesia (Imatepsi), 5) temu kolegial ke-5 akan menambahkan satu agenda baru yakni penyelenggaraan agenda tahunan IMATEPSI yang bersamaan dengan kegiatan Temu Kolegial APS TPI. (Nc-TEP)

author