PERDALAM BIDANG INDUSTRI KREATIF 4.0 MAHASISWA TEP FIP UM KKL DI BCIC BALI

Malang, 07/08/2019. Mahasiswa TEP angkatan 2017 melaksanakan salah satu mata kuliah yang wajib yakni Kuliah kerja Lapangan (KKL). Mata kuliah KKL bobotnya 1 SKS 2 JS. Kegiatan KKL dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa, 5-6 Agustus 2019. Mata kuliah KKL tahun ini merupakan yang terakhir kalinya disajikan di TEP bahkan di UM, berhubung mata kuliah tersebut tidak ada dalam skema kurikulum 2018 yang berbasis kehidupan. Rombongan mahasiswa didampingi oleh tiga dosen pendamping yakni Drs. Zainul Abidin, M.Pd., Dra. Susilaningsih, M.Pd dan Ence Surahman, S.Pd., M.Pd serta dua alumni yakni Alvio dan Ahmad Faiq.

Kegiatan KKL dilaksanakan pada semester antara. Lokasi tujuan KKL tahun ini yakni Balai Diklat Industri (BDI) atau Bali Creative Industry Center (BCIC). BCIC merupakan salah satu balai diklat yang menyelenggarakan beragam program pelatihan. Beberapa program yang dilatihkan meliputi animasi, promosi, desain. Setiap tahun tidak kurang dari 2000 peserta berlatih di BCIC.

Rombongan KKL TEP FIP UM diterima secara resmi oleh Kepala pusat BCIC yakni Bapak Paryono. Dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan berterimakasih kepada UM yang telah memilih BCIC sebagai lokasi KKL. Dalam paparannya BCIC sangat terbuka untuk menerima mahasiswa program Kajian dan Praktek Lapangan (KPL) jika dibutuhkan.

Setelah paparan materi tentang BCIC, mahasiswa terlihat antusias bertanyajawab dengan fasilitator. Mereka bertanya tentang program-program BCIC yang bisa diakses oleh kalangan umum, bagaimana tahapan pendaftaran dan cara bergabungnya. Di samping itu mahasiswa juga bertanya perihal perancangan, pengembangan, pelaksanaan, evaluasi aneka program pelatihan yang dilaksanakan di BCIC.

Secara umum kegiatan KKL memberikan pengalaman yang berharga, setidaknya memberikan gambaran tentang salah satu pusat diklat yang menyediakan program-program pelatihan dan inkubasi bisnis industri kekinian.

Setelah selesai dari BCIC para mahasiswa menikmati ragam lokasi wisata Bali seperti Pantai Tanjung Banoa, Pantai Melasti, Hutan Sangeh, Danu Beratan Bedugul, tidak lupa belanja oleh-oleh khas Bali.  (Nc)

author