KPL Mahasiswa TEP UM di PPPPTK PKn dan IPS

P4TK

PPPPTK Pkn dan IPS merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. PPPPTK PKn dan IPS terletak di Jalan Raya Arhanud, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Pada tanggal 23 Juli 2018, mahasiswa KPL TEP UM berkesempatan untuk melaksanakan Kajian dan Praktik Lapangan di lembaga ini dengan jumlah 6 mahasiswa diantaranya Amilia Sholikh Hidayati, Firdausy Armansyah, Ledy Ahrisya, Novita Sholehatul Umroh, Retno Agustin, dan Tri Wahyu Ningtiyas. Mahasiswa KPL TEP UM dibimbing oleh Ibu Saida Ulfa, S.T, M.Edu, Ph.D. Kajian dan Praktik Lapangan ini dilaksanakan selama 6 minggu dengan hari kerja Senin hingga Kamis mulai pukul 07.30 WIB - 16.00 WIB sedangkan pada hari Jum’at dengan jam kerja pukul 07.30 WIB – 16.30 WIB.

P4TK2

Hari pertama KPL dimulai, mahasiswa KPL TEP UM diterima oleh ibu Hj.Yuliasih, S.H selaku kepala bagian Tata Laksana dan Kepegawaian, pada hari berikutnya mahasiswa juga mendapat pengarahan terkait dengan KPL oleh bapak Drs. Harnoko,M.Pd. Selama KPL berlangsung mahasiswa dibimbing oleh seorang pamong yaitu ibu Reti Veri Anita, S.Kom. selaku staf dari seksi data dan informasi di PPPPTK PKn dan IPS. Mahasiswa KPL TEP UM ditempatkan pada empat seksi meliputi seksi program, seksi data dan informasi, seksi penyelenggaraan dan seksi evaluasi.

Kegiatan yang mahasiswa laksanakan selama KPL berlangsung meliputi desain grafis dan video, input dan klasifikasi data peserta diklat bidang PKn dan IPS seluruh Indonesia, Rekapitulasi data laporan diklat, membuat web aplikasi, dan memasukkan data laporan evaluasi ke dalam Microsoft excel serta memeriksa data laporan penjaminan mutu pelatihan kurikulum 2013 bagi guru dan kepala sekolah. Selain itu, mahasiswa juga membuat company profile sebagai tugas akhir selama di lembaga PPPPTK PKn dan IPS. Selain tugas-tugas yang berikan, mahasiswa KPL juga berpartisipasi dalam memeriahkan lomba HUT RI Ke-73 diantaranya futsal putri, voli putri, balap karung, klompen raksasa, paduan suara, memancing dan makan kerupuk.

P4TK1

Pada tanggal 29 Agustus 2018, ibu Saida Ulfa, S.T, M.Edu, Ph.D. selaku dosen pembimbing menemui ibu Hj.Yuliasih, S.H dengan maksud untuk menyampaikan banyak terima kasih karena telah menerima mahasiswa KPL TEP UM dengan baik. Hingga pada  tanggal 31 Agustus 2018 merupakan hari terakhir pelaksanaan KPL. Pada hari itu juga mahasiswa telah menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan selama KPL berlangsung. Mahasiswa KPL TEP UM berharap semoga ilmu yang didapat selama KPL berlangsung dapat menjadi acuan mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja nantinya (Retno dkk).

author