MENUMBUHKAN SENSE OF BUSSINESS, MAHASISWA TEP SELENGGARAKAN FESTIVAL CIYE

Malang, 26/11/2018. Ada pemandangan berbeda di Beringin Baca Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Rupanya sedang ada pameran produk kuliah Kewirausahaan mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2015 yang dibimbing oleh Ibu Arafah Husna, S.Pd., M.MEd.Kom. Terdapat 42 stand yang dipamerkan yang terdiri dari 37 stand dari mahasiswa TEP dan 5 stand dari luar. Adapun produk dan jasa yang dipamerkan meliputi jasa pembuatan media pembelajaran, desain web, perbaikan komputer, desain foto, jasa sewa perlengkapan hiking, produk fashion, buku, jasa tour, handicrapt, kopi,  cemilan, minuman, makanan ringan, makanan berat, dan lain-lain.

Ibu Arafah selaku dosen pembimbing menyampaikan bahwa kegiatan Creative and Innovative of Young Entrepreneurs (CIYE) Festival merupakan kegiatan pertama kali dilaksanakan dalam rangka memamerkan produk dan jasa hasil perkuliahan kewirausahaan di Jurusan Teknologi Pendidikan. Kegitan tersebut bertujuan untuk melatih dan mengasah jiwa entrepreneurs mahasiswa. Di samping itu diharapkan mahasiswa dapat menjadi pengembang lapangan pekerjaan baru. Beliau juga berharap kedepannya bisa berkelanjutan dengan produk dan jasa yang lebih bervariatif dan diminati konsumen.

Kegiatan Creative and Innovative of Young Entrepreneurs (CIYE) Festival secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FIP yakni Bapak Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd. Beliau mengapresiasi usaha mahasiswa dan dosen dalam mengemas produk akhir perkuliahan yang berorientasi pada peningkatan kemampuan kreatif dan inovatif mahasiswa dalam mengasah insting wirausahanya.

Jurusan teknologi pendidikan mengapresiasi setinggi-tingginya usaha dan kerjakeras mahasiswa dalam mempromosikan ide-ide kreatif dan inovatif mereka. Semoga para mahasiswa ke depan dapat menjadi para pengusaha yang sukses pada bidang usahanya masing-masing.

Selain kegiatan pameran produk kewirausahaan, festival CIYE juga diisi kegiatan talkshow inspiratif dengan para entrepreneur FIP yang pernah juara pada ajang Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia seperti 1) Wakhid Anshori  Prodi PGSD FIP pemenang juara 1 Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Bidang Industri Kreatif tingkat nasional tahun 2017. 2) Moh. Ikhsan Yudha Pradana peraih juara 2 bidang teknologi di expo KMI 2018. Dan 3) Yoga mahasiswa AP FIP UM salah satu tim penerima dana hibah PMW UM tahun 2018.

Selama kegiatan berlangsung, terlihat ratusan pengunjung secara bergantian mengunjungi satu demi satu stand yang ada. Beberapa di antara mencoba menikmati produk tester, dan banyak juga yang belanja produk yang dijajakan. Para pengunjung tertarik datang karena selain pameran juga ada beberapa acara tambahan seperti demo produk, music perform, photo booth, dan lain-lain.

Selain para pengunjung, para mahasiswa pelaksana pameran juga merasa senang, pertama karena hasil karyanya dapat dipamerkan dan dipasarkan ke publik. kedua, mereka bersemangat karena dosen pembimbing memberikan apresiasi berupa uang tunai untuk pemenang lomba kategori presentasi terbaik, kategori produk /jasa terkreatif, dan stand terbaik/terfavorit. (Nc)

author