HMJ TEP Gelar Kuliah Tamu “Tantangan dan Peluang TEP Di Dunia Kerja”

IMG_0374

(Sumber: Dokumentasi Panitia)

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan FIP UM menyelenggarakan kegiatan Kuliah tamu pada hari Rabu, 4 April 2018 di Aula gedung E1 Fakultas Ilmu Pendidikan. Kuliah Tamu kali ini mengusung tema "Peluang dan Tantangan TEP di Dunia Kerja". Kegitan ini merupakan  Kuliah Tamu diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan periode 2018.

Tiga pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan ini. Pemateri pertama dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Bapak Siyamta, S.Pd, S.ST, M.T. yang menyampaikan materi tentang Jabatan Fungsional Teknologi Pendidikan. Pemateri menjelaskan jabatan fungsional Teknologi Pendidikan dalam dunia kerja. Di samping itu pemateri menjelaskan data para pengembang teknologi pendidikan yang tersebar di berbagai instansi.

DSC_3507

(Sumber: Dokumentasi Panitia)

Selanjutnya penyampaian materi kedua tentang edupreneurship yang disampaikan oleh Bilqis Firyal Nabilah, S.Pd, M.Pd selaku Founder Muslim Cendekia. Pemateri tersebut saat ini sedang menempuh pendidikan S3 Teknologi Pembelajaran di Universitas Negeri Malang. Pemateri kedua secara umum memotivasi para mahasiswa untuk belajar giat dan kreatif. Hal itu dipandang penting untuk menyiapkan diri memasuki era pendidikan abad 21. Para pendidik, penyelenggara pendidikan harus inovatif dalam mendesain dan menawarkan program pendidikan

Pemateri ketiga disampaikan oleh Efi Dian Ariska membahas tentang pengembangan kurikulum dan pusat sumber belajar. Beliau merupakan alumni Teknologi Pendidikan UM angkatan 2010 dan saat ini sedang bekerja sebagai Staff Pengembang Kurikulum LPI Sabilillah Malang. Pemateri ketiga secara teknis menjelaskan gambaran kerja pengembang kurikulum dalam pendidikan formal yang memiliki keunggulan dibanding lembaga pendidikan pada umumnya.

IMG_0475

(Sumber: Dokumentasi Panitia)

Sebanyak 146 mahasiswa Teknologi Pendidikan mulai dari angkatan 2014 hingga 2017 menghadiri kegiatan ini. Selain mahasiswa, beberapa Bapak/Ibu dosen juga hadir dalam kuliah tamu ini. Acara berlangsung mulai pukul 08.30 hingga 12.30. para Panitia berharap kegiatan kuliah tamu ini mampu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar dan mendalami bidang keilmuan Teknologi Pendidikan. "Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan gambaran dan prospek kerja lulusan Teknologi Pendidikan serta menambah motivasi rekan-rekan mahasiswa dalam menjalani perkuliahan", ungkap Gilang Ilham Mahendra selaku Ketua Pelaksana Kuliah Tamu 2018. Secara keseluruhan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancer. Selain itu acara dimeriahkan oleh penampilan dari TEPKUSTIK, salah satu komunitas musik di Jurusan Teknologi Pendidikan (Humas HMJ-Nc).

 

author