Kuliah Tamu: Membangun Profesi TEP di Era Industri 4.0

WhatsApp Image 2018-08-29 at 10.27.15 AM

Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang kembali melaksanakan kegiatan rutin tahunan berupa kegiatan kuliah tamu. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 29 Agustus 2018 bertempat di Aula Gedung E1 FIP UM dari jam 09.00-12.00 WIB. Adapun tema yang diangkat yaitu "Membangun Profesi TEP di Era Industri 4.0". Pengisi kuliah tamu salah satu pakar Teknologi Pendidikan dari Surabaya yakni Prof. Dr. Mustaji, M.Pd dosen dari Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

WhatsApp Image 2018-08-29 at 10.27.18 AM

Kegiatan kuliah tamu kali ini diprioristaskan untuk mahasiswa baru Jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2018. Namun juga dihadiri oleh mahasiswa angkatan sebelumnya dan para dosen yang tidak ada kelas mengajar. Hal itu bertujuan agar para mahasiswa baru mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana kuliah di Teknologi Pendidikan, bagaimana membangun kompetensi sebagai calon teknolog pendidikan, menyiapkan strategi pembelajaran yang mendukung proses penyelesaian studi tepat waktu dan lain-lain.

WhatsApp Image 2018-08-29 at 10.27.19 AM

Pemateri menyajikan materi secara komunikatif yang menarik perhatian dan menginspirasi para audiens. Selain itu para mahasiswa dikenalkan dengan konsep Teknologi Pendidikan sebagai toeri, bidang garapan dan profesi. Di samping itu pemateri menjelaskan tentang karakteristik pebelajar era digital atau generasi z (Gen-Z) serta peluang pekerjaan yang bisa menjadi ruang karya para alumni Teknologi Pendidikan baik pada lembaga pemerintah maupun swasta.

Pemateri mengungkapkan bahwa alumni TEP bisa bekerja pada berbagai pekerjaan hal itu disebabkan luasnya bidang garapan TEP yang meliputi domain desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian berbagai solusi untuk memecahkan masalah belajar. Dengan begitu mahasiswa memiliki berbagai alternatif untuk pendalaman dan konsentrasi keilmuannya sesuai dengan minat dan bakatnya sebagai persiapan memasuki dunia karya. (Nc-TEP)

author