Kuliah Tamu dan Sharing Riset bersama Guru Besar Universiti Putra Malaysia

Malang, 09/10/2019. Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kuliah tamu bagi mahasiswa S2 dan S3 Prodi TEP. Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, 09 Oktober 2019 jam 1300- 15.00 WIB bertempat di Gedung D1 FIP UM. Agenda tersebut bertujuan untuk membekali mahasiswa pascasarjana berkaitan dengan riset. Kuliah tamu diisi oleh guru besar dari Universiti Putra Malaysia yakni Prof. Dr. Wong Su Luan.

Kedatangan Prof. Wong Su Luan juga dalam rangka pemenuhan target kinerja kolaborasi penelitian antara dosen TEP FIP UM dengan profesor asing. Sebagaimana sudah menjadi kebijakan LP2M UM tahun 2019, bahwa setiap peneliti UM harus menggaet peneliti asing yang bereputasi dan memiliki h-index yang tinggi. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kerjasama penelitian UM dan untuk meningkatkan mutu luaran dari penelitian itu sendiri.

Dalam kuliahnya Prof. Dr. Wong Su Luan menyampaikan pengalaman penelitian dan sharing kesempatan bermitra untuk studi ke luar negeri. Kerjasama tersebut dibutuhkan oleh semua kampus di dalam dan luar negeri. Hal itu tidak lepas dari upaya pemenuhan standar perguruan tinggi yang mendunia. Sebagaimana kita ketahui bersama hampir semua lembaga penilai kelas perguruan tinggi menambahkan indikator mahasiswa asing, dosen asing, dan kerjasama asing dalam instrumen penilaiannya.

Para peserta terlihat antusias menyimak materi. Hal itu dibuktikan dengan aktif bertanya jawab dan bertukar kontak informasi. Selain mahasiswa S2 dan S3 TEP, kuliah tamu tersebut juga dihadiri oleh beberapa dosen TEP UM dan dua dosen Universitas Manado yang sedang melaksanakan program dosen merenung di Universitas Negeri Malang. (Adm)

author