KPL MAHASISWA TEP FIP UM TINGKATKAN SARANA LAYANAN INFORMASI DI UPT PELATIHAN KERJA TULUNGAGUNG

Tulungagung2

Tampilan Website yang dikembangkan tim KPL

Senin, 23 Juli 2018 tepatnya mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan(TEP), Fakultas Ilmu Pendidikan(FIP), Universitas Negeri Malang(UM) melakukan kegiatan Kajian dan Praktik Lapangan(KPL) di UPT Pelatihan Kerja Tulungagung. KPL ini bukan kali pertama mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan melaksanakan tugas disini, sekitar beberapa tahun yang lalu juga ada kakak tingkat yang pernah praktik di lembaga ini. Beranggotakan lima orang mahasiswa yaitu Andhika Ramadhani Febriansyah(ketua tim), Aditya Frilly Hermansyah, Risma Chulashotud Diana, Via Wulandari dan Seno Abi Yodha dibimbing oleh Bapak Eka Pramono Adi, S.IP, M,Si beroptimis dapat mengambil ilmu dan pengalaman yang ada di UPT Pelatihan Kerja Tulungagung.

 

Hari pertama kegiatan Kajian dan Praktik Lapangan kegiatan pelatihan berjalan seperti lembaga pelatihan pada umumnya. Namun masih ada kendala terkait pembagian tugas yang ada dilapangan. Mahasiswa dibagi menjadi 3 kelompok dengan tempat yang berbeda. 2 mahasiswa di tempat pada ruang sertifikasi, 2 mahasiswa di tempat pada ruang dan 1 mahasiswa ditempatkan pada ruang pemasaran. Kegiatan yang dilakukan kurang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki jurusan. Sedangkan dari pihak universitas sudah menghimbau pada saat pembekalan untuk menyesuaikan program KPL ini dengan kompetensi jurusan. Dengan demikian mahasiswa berdiskusi dan melakukan evaluasi setiap selesai kegiatan di UPT Pelatihan Kerja Tulungagung yakni setiap pukul 15.30 WIB.

Tulungagung1

Suasana di ruang kerja selama KPL

Setelah evaluasi dilakukan, mahasiswa menemukan solusi dengan membuat program kerja yang akan dilakukan untuk UPT Pelatihan Kerja Tulungagung. Mahasiswa segera mendiskusikan dengan Bapak Guntur Agung Subali, S.Pd, M.Si selaku pamong/pembimbing lapangan. Beliau menerima saran dari mahasiswa dan memberikan tambahan program. Adapun program yang mahasiswa akan kerjakan adalah pembuatan Website lembaga, perbaikan video profil, bank data dan pembuatan grafik. Dengan senang hati dan rasa tanggungjawab mahasiswa menerima tugas ini.

 

Keesokan harinya kami diberikan tempat untuk fokus menjalankan program kerja. Pihak UPT Pelatihan Kerja Tulungagung memberikan kepercayaan penuh pada mahasiswa untuk menyelesaikan program kerja ini, mengingat dari pihak lembaga sangat membutuhkan untuk melancarkan kegiatan lembaga. UPT Pelatihan Kerja Tulungagung juga memberikan anggaran untuk membantu pelaksanaan program kerja ini. Selama kurang lebih 2 minggu berjalan, sudah ada 2 program kerja yang tertuntaskan.

Tulungagung3

Agenda refreshing di sela KPL

Di samping menyelesaikan tugas, mahasiswa membantu pegawai melakukan aktivitas penerimaan peserta pelatihan pada gelombang pelatihan yang ada dan menjadi fotografer dalam setiap kegiatan UPT Pelatihan Kerja Tulungagung. Selanjutnya program kerja website dan video profil juga berhasil diselesaikan oleh mahasiswa sebelum penutupan. Penambahan program kerja ditengah kegiatan kajian dan praktik lapangan juga terjadi yaitu pembuatan akun instragram dan iklan layanan masyarakat untuk UPT Pelatihan Kerja Tulungagung mahasiswa terima. Alhamdulillahnya, semua berjalan lancar dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari keluarga besar UPT Pelatihan Kerja Tulungagung (Risma dkk).

author