KPL MAHASISWA TEP DI BPMTPK SIDOARJO

No comment 63 views

BPMTPK1

 

Senin, 23 Juli 2018 Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang telah mengantarkan lima orang mahasiswa untuk melaksanakan Kajian dan Praktik Lapangan (sering disebut dengan KPL) di Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan (BPMTPK). BPMTPK berlokasi di Jalan Mangkurejo, Desa Kwangsan, Sedati, Kabupaten Sidoarjo.

Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan (BPMTPK) yang dulunya disebut BPMTV, adalah instansi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bergerak dalam bidang Video Pembelajaran. Melalui Ibu Arafah Husna, S.Pd., M.Med.Kom.,  selaku dosen pembimbing kelima mahasiswa Teknologi Pendidikan UM telah dihantarkan ke BPMTPK yaitu; Karina Permatasari, Nurul Hidayati, Nila Rukmi Kusuma Ningrum, Tsuwaybah Al Aslamiyah, dan Tri Noor Kristi. Dalam melaksanakan KPL di BPMTPK, mahasiswa Teknologi Pendidikan ini dibimbing oleh Bapak Chornia Putratansa selaku Pengembang Teknologi Pembelajaran Muda di BPMTPK.

BPMTPK2

Praktik kerja di BPMTPK dilaksanakan selama tujuh minggu. Pada pelaksanaannya, kerja praktik ini dimulai pukul 07.30-16.00 WIB di hari Senin-Kamis. Untuk hari Jum’at jam kerja 30 menit lebih lama dari biasanya. Kajian dan Praktik Lapangan diisi dengan berbagai kegiatan yang telah memberikan banyak pengalaman bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilannya, terutama mengenai pengembangan media video pembelajaran.

Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain; pembuatan materi untuk talkshow, peliputan talkshow, penginputan data pelatihan, pembuatan video pembelajaran, pembuatan video iklan festival video edukasi, pembuatan iklan dinamis festival video edukasi, pembuatan video company profile BPMTPK, dan juga pembuatan film pendek untuk mengikuti Festival Video Edukasi. Kegiatan ini telah dijalankan dengan baik meskipun ada beberapa kendala. Sebagian dari pelaksanaan kegiatan - kegiatan tersebut, mahasiswa Teknologi Pendidik UM bekerjasama dengan para Crew BPMTPK dan juga peserta magang dari beberapa instansi lain. Kemudian, untuk sebagiannya lagi dikerjakan sendiri oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan UM.

BPMTPK3

Jum’at, 31 Agustus 2018 adalah hari terakhir pelaksanaan Kajian Praktik dan Lapangan di BPMTPK. Mahasiswa KPL TEP UM berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh BPMTPK. Semoga ilmu dan pengalaman yang diperoleh dapat diamalkan dan menjadi berkah untuk semuanya (Nila dkk).

author