Jurusan TEP FIP UM Hadirkan Pakar Blended Learning dari Ohio State University

Kuliah Tamu Prof David (2)

Jurusan Teknologi Pendidikan/Pembelajaran Universitas Negeri Malang (Program Sarjana dan Pascasarjana) menyelenggaraan kegiatan Studium General dengan tema Peluang Pengembangan Blended Learning di Indonesia. Kegiatan dilaksanakan di Aula Gedung A3 Universitas Negeri Malang, Kamis, 5 Oktober 2017 jam 09.00-12.00 WIB. Kegiatan studium general menghadirkan pembicara yang merupakan pakar Bidang Blended Learning dari Ohio State University yakni Prof. Dr. David Stein. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan berjumlah kurang lebih 250 peserta.

Kehadiran Prof. Dr. David Stein ke Universitas Negeri Malang dalam rangka memenuhi undangan Pembicara agenda International Conference of Learning Innovation 3-4 Oktober 2017. Prof. Dr. David Stein, merupakan pakar dalam bidang Blended Learning , beliau pernah beberapa kali ke Indonesia untuk berbicara tentang Blended Learning . Dalam acara studium general pembicara membahas tentang peluang Blended Learning di Indonesia. Pembicara memulai sajian materinya dengan brainstorming tentang Blended Learning pada para mahasiswa.

Kuliah Tamu Prof David (1)

Para peserta terlihat antusias menyimak sajian materi dari awal hingga akhir. Melalui pola tanya jawab, Prof. David terus berupaya untuk menjaga suasana diskusi yang hidup. Beberapa peserta bertanyajawab dengan pembicara dan beberapa ada yang mendapat hadiah berupa PIN kampus Ohio State University.

Inti materi yang disampaikan oleh pembicara meliputi pembahasan tentang peluang munculnya web 2.0 yang membuka kesempatan untuk proses komunikasi dua arah antara user dengan produsen pesan. Peluang tersebut harus dimanfaatkan dalam bidang pendidikan untuk pengembangan Blended Learning . Web 2.0 memungkinkan proses komunikasi secara syncronus dan asyncronus. Beberapa jenis Blended Learning yang dapat dikembangkan diantaranya adalah web based learning, e-learning, bahkan yang terbaru adalah mobile learning. (Nc/TEP FIP UM).

author