JURUSAN TEP FIP UM MENERIMA KUNJUNGAN TAMU DARI PRODI S2 TEP IKIP JEMBER

Malang, 12/12/2019. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang menerima kunjungan rombongan mahasiswa pascasarjana IKIP Jember. Rombongan berjumlah 25 orang terdiri dari direktur pascasarjana, para dosen, dan mahasiswa. Rombongan diterima oleh ketua jurusan Dr. Henry Praherdhiono, M.Pd., Ketua Program Studi S2 dan S3 TEP Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd, Sekretaris Jurusan Bapak Eka Pramono Adi, S.IP., M.Si bertempat di ruang rapat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Dalam penyampaiannya ketua rombongan yang diwakili oleh Dr. H. Makmuri, M.Pd menyampaikan bahwa tujuan kedatangan ke TEP Malang adalah untuk kegiatan studi mandiri. Beberapa tempat yang akan dituju diantaranya adalah laboratorium jurusan TEP, perpustakaan UM dan sarana dan prasarana yang ada di lingkungan UM. Hal tersebut bertujuan untuk membekali mahasiswa calon master teknologi pembelajaran terkait dengan pengelolaan laboratorium dan sumber belajar yang akan dikelola di lingkungan kerjanya masing--masing. Di samping itu beliau menitipkan beberapa dosen yang sedang mengambil program doktor di UM, dan beliau juga bercerita bahwa ketua rombongan juga alumni S2 dan S3 TEP UM beberapa tahun yang lalu.

Setelah penyampaian maksud dan tujuan dari rombongan tamu, selanjutnya penyambutan oleh koorprodi dan Ketua Jurusan TEP FIP UM. Ketua jurusan menyambut baik rombongan tamu di keluarga besar TEP FIP UM. Selain itu beliau menyampaikan gambaran tentang keilmuan Teknologi Pendidikan FIP UM yakni Bidang keilmuan untuk memfasilitasi belajar dan untuk meningkatkan kinerja belajar.

Setelah penyambutan dan pengenalan jurusan oleh ketua jurusan, selanjutnya ada sharing keilmuan dari Prof. Dr. Nyoman Sudana Degeng, M.Pd. Dalam sharingnya beliau menyampaikan bahwa saat ini kita sudah memasuki era yang berbeda. Eranya berubah cepat, namun terkadang orangnya tidak berubah secepat eranya. Dengan demikian sebagai para teknolog pendidikan/pembelajaran, kita harus punya paradigma progresif agar dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi serta tantangan yang kita dapapi. Dalam proses pembelajaran terjadi banyak perubahan baik dari dimensi teoritis maupun praktis empiris. Kita harus tetap terdepan menguasai semua kecanggihan teknologi dalam bidang pendidikan.

Selepas acara sharing, dilanjutkan dengan sesi foto bersama, berbagi kenang-kenangan. Selanjutnya para peserta rombongan berkunjung ke beberapa tempat di UM seperti Lab TEP, perpustakaan jurusan TEP, dan perpustakaan  Universitas Negeri Malang (Nc).

 

 

 

author