JAGA KOMITMEN MUTU, DOSEN TEP LAKUKAN MONEV PROGRAM KPL MAHASISWA TEP FIP UM DI BLK KOTA SURABAYA DAN BLK PANDAAN

Malang, 8/08/2019. Dalam rangka menjaga mutu perkuliahan Kajian dan Praktek Lapangan (KPL) dosen TEP lakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap mahasiswa yang melaksanakan KPL di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Surabaya dan BLK Pandaan. Kegiatan monev dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Agustus 2019.

KPL merupakan salah satu mata kuliah yang harus dikontrak oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Bobot mata kuliah KPL 4 SKS dengan 16 JS. Kegiatan KPL dilaksanakan pada semester antara bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan kuliah selama 6 semester.

Para mahasiswa ditutut untuk mencari lokasi KPL baik yang sudah melaksanakan MOU dengan UM maupun lembaga baru yang belum ada MOU. Biasanya bagi lembaga baru, maka pada akhir kegiatan KPL akan dilaksanakan penawaran kerjasama untuk program yang sama pada waktu yang akan datang. Setiap kelompok KPL terdiri dari 6-7 mahasiswa, dengan demikian tahun ini jurusan TEP menyebar sekitar 17 kelompok yang tersebar pada kurang lebih 17 lembaga mitra yang berada di Jawa Timur khususnya.

Program KPL dilaksanakan selama 5-6 minggu. Dilokasi KPL mahasiswa akan belajar mengaji teori yang didapatkan di kampus dan implementasinya dalam program-program yang ada di lokasi KPL. Pemilihan BLK sebagai lokasi KPL didasarkan pada pertimbangan bahwa salah satu kompetensi lulusan TEP yakni sebagai Teknolog Pembelajaran salahsatunya pada lembaga-lembaga pelatihan. Karena selama dikampus mahasiswa telah dibekali ilmu tentang perancangan program diklat, pengembangan kurikulum, manajemen diklat, evaluasi diklat, dan lain-lain.

Dosen yang melakukan monev kali ini yakni Ence Surahman, S.Pd., M.Pd yang ditugaskan menjadi pembimbing di dua kelompok KPL yakni BLK Surabaya dan Pandaan. Sesampaikan di lokasi BLK, pemonev bertemu langsung dengan mahasiswa praktikkan dan penanggungjawab mereka selama di lokasi KPL. Di BLK Surabaya pemoner bertemu dengan Ibu Silvia dan para Ketua Kejuruan yang ada. Sedangkan di BLK Pandaan pemonev bertemu dengan Bapak Jati selaku kepala divisi SDM.

Dalam kegiatanya, pemonev menyampaikan terimakasih atas kesediaannya dijadikan tempat KPL, kemudian para pemonev juga sangat berharap agar para mahasiswa diberikan bekal yang banyak perihal praktik-praktik keilmuan yang pernah diperolehnya, sehingga diharapkan setelah mengikuti KPL para praktikkan dapat mengalami secara langsung kompetensi yang diharapkan pada sebuah lembaga pelatihan baik yang hard skill maupun soft skill.

author