3 INOVASI DOSEN TEP TERPILIH SEBAGAI INOVASI TERBAIK FIP UM

Malang, 21/11/2018. Keluarga besar Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang patut bersyukur atas capaian para dosennya. Pada kegiatan Gelar Karya Inovasi Belajar Universitas Negeri Malang 3 karya inovasi dosen TEP terpilih masuk 5 inovasi belajar terbaik tingkat fakultas. Sekaligus mewakili para inovator fakultas untuk menyajikan hasil karyanya di depan para juri.

Ketiga dosen tersebut yakni Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd yang mengembangan model Adaptive Learning Analitics Management System (ALAMS) dengan konsep belajar Tringo dari Ki Hadjar Dewantara. Dalam paparannya Pak Dedi menyampaikan bahwa inovasi yang dikembangkan terletak pada kemampuan LMS yang adative terhadap perbedaan preferensi belajar mahasiswa. Di samping itu dengan memadukan konsep belajar Tringo (Ngerti, Ngerasa, dan Ngelakoni).

Inovator kedua yakni Bapak Taufik Ikhsan Slamet, S.Pd., M.Pd. Beliau mengembangkan sebuah platform Massive Open Online Reserach Excercise untuk para guru. Platform tersebut didasarkan pada keresahan akan problem yang dihadapi oleh para guru dengan tugas mengajar yang sangat banyak, sehingga tidak ada waktu untuk melakukan riset, dengan demikian platform tersebut berupaya untuk memfasilitasi guru belajar dan melakukan penelitian dengan bantuan mahasiswa yang terlibat di dalamnya.

Inovator yang ketiga yakni Ence Surahman, S.Pd., M.Pd yang mengembangkan model dan aplikasi Peer Collaborative Authentic Assesment (PECOLASE) terintegrasi LMS Sipejar. Dasar pemikiran dari inovasi tersebut yakni problem mutu hasil pembelajaran berbasis proyek diperguruan tinggi yang belum memiliki nilai pasar dan nilai komersialisasi yang tinggi. Model dan aplikasi PECOLASE memungkinkan semua produk mahasiswa diuji publik untuk mendapatkan masukan guna penyempurnaan mutu produk pembelajaran.

Semua inovasi yang dikembangkan oleh para dosen melalui riset-risetnya selalu bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM jurusan khususnya mahasiswa. Di samping itu dalam rangka menumbuhkan budaya riset dan publikasi karya ilmiah untuk mempersiapkan jurusan akreditasi internasional. (Nc)

 

author